2023, Kota Semarang Targetkan Kuliner Halal

  • Bagikan
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang, Bambang Pramusinto

Djonews.com, SEMARANG  – Pemerintah Kota Semarang berencana membuat sentra kuliner halal yang ditargetkan terwujud pada 2023 mendatang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan sentra kuliner halal adalah kawasan kuliner yang akan menjajakan makanan yang sudah di jamin kehalalannya mulai dari hulu hingga hilir. Nantinya akan ada SOP yang harus dilakukan pda setiap pelayanan di sentra kuliner halal.

“Semarang memang belum punya sentra kuliner halal dan nanti ada SOP nya mulai dari pelayanan, ada label halal, ada sertifikatnya entah keputusan dari lembaga tertentu atau dari pemerintah bahwa tersebut sudah bersertifikasi halal,” kata Bambang, Rabu (14/9/2022).

Dalam pembuatan sentra kuliner halal dari hulu ke hilir setiap tahapannya harus ada sertifikasinya. Mulai dari penyembelihan hewan sudah tersertifikasi juru sembelih halal (Juleha). Saat pendistribusian atau pengangkutan harus terjamin steril dan halal. Misalnya angkutan barang atau hewan yang akan disembelih tidak mengangkut babi. Selain itu dalam proses penyajian juga ada jaminan halal misalnya warung bersih dan tidak ada tikus.

“Dulu tahun 2018 kita mau membuat (sentra kuliner halal) di Simpang lima tapi kurang berhasil karena ternyata memberikan pemahaman kepada pedagang itu susah,” ungkapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *