Anggaran Kelurahan di Kota Semarang Akan di Tambah

  • Bagikan
Walikota Semarang Hevearita G. Rahayu dalam acara Musrenbang di Kecamatan Candisari Kota Semarang., Kamis (14/02/2023).(Dok: Muhammad Aries Nugroho)

Djonews.com, SEMARANG  – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana akan mengalokasikan anggaran perawatan sarana dan prasarana, hasil pembangunan infrastruktur di tiap kelurahan dan kecamatan dalam anggaran tahun 2024 mendatang.

Tak hanya itu, Pemkot juga akan menambah anggaran untuk kelurahan yang benar-benar membutuhkan tentu dengan beberapa indikator.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkapkan selama ini anggaran perawatan hanya di kelola oleh Kecamatan sehingga Kelurahan tidak bisa melakukan perawatan sarana prasarana.

“Kalau penambahan anggaran jadi begini, ada kelurahan-kelurahan yang selama ini, tingkat kemiskinan dan infrastrukturnya kurang maka akan kita beri tambahan sesuai juklak dan juknisnya, yang lebih kepada pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.

Ita sapaan akrabnya menyampaikan jika dalam Musrenbang tahun 2024 mendatang, Kota Semarang menekankan pada empat program prioritas pembangunan, yaitu pengendalian inflasi, ketahanan pangan, penanggulangan kemiskinan dan stunting.

 “Di Semarang inflasi bagus, di bawah target rata-rata inflasi nasional. Kita 4,9 persen, kalau rata-rata nasional kan 5 persen. Jadi untuk ketahanan nasional, jika kita berdaulat pangan, maka inflasi akan terkendali dan kemiskinan dan stunting karena kurang gizi berkurang, sehingga empat program itu menjadi prioritas,” jelasnya.

Menurut Camat Candisari Agus Priharwanto, alokasi anggaran dana perawatan sarana dan prasarana (Sarpras) lingkungan di tingkat kelurahan, dianggarkan minimal sebesar Rp 200 juta dan tingkat kecamatan maksimal sebesar Rp 500 juta.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *