Batal di Bongkar, Satpol PP Tunggu Mediasi

  • Bagikan
Warga memadati lokasi lapak yang akan dibongkar oleh Satpol PP Kota Semarang, Senin (5/6/2023) .(Dok: ist)

Berita.Djonews.com, SEMARANG – Pembongkaran tenda lapak warga yang menempel tembok di Perum Korpri Bukit Asri Rt.13 Rw.8, Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang di tunda oleh Satpol PP Kota Semarang.

Terkait penundaan tersebut, Kasi pembinaan PPNS Satpol PP Kota Semarang Stefanus Rentandame  mengungkakan jika pihaknya masih menunggu pertemuan mediasi antara warga, perangkat setempat dengan Biro Hukum Jawa Tengah.

“Warga mendapat surat dari Biro Hukum Jateng untuk mediasi besok Selasa 6 Juni 2023, padahal jelas melanggar Perda nomor 3 tahun 2018 tentang PKL. Sebenarnya akan kita bongkar hari ini, tetapi ditunda,” ungkapnya, Senin (5/6/2023).

Lebih lanjut, Satpol PP Kota Semarang menghargai surat dari Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah. Agar ada mediasi antara warga terkait tenda lapak swadaya tersebut.

Di lokasi yang sama, Ketua Rt.13 Rw.08, Ngadiso menyampaikan pembangunan tenda lapak jualan, atas inisiatif warga dalam mencari tambahan pemasukan saat pandemi 2020 lalu.

Menurutnya, lapak dibangun memang belum disampaikan ke pihak kelurahan, karena belum menyangka akan ada keberatan  pemilik tanah.

Ngadiso mengatakan, bahwa kepemilikan tanah merupakan warga yang berprofesi sebagai salah satu notaris ternama di Kota Semarang. Dan pada pertengahan tahun lalu, Ngadiso mengatakan telah ditemui pihak pemilik tanah. Belakangan diketahui, pemilik tanah ternyata tidak tercatat sebagai warga Rt.13 Rw.8.

“Jadi sudah lama pemilik tanah belum pernah datang, dan bukan warga sini. Jadi bukan domisili asli Perum Korpri Bukit Asri, Tembalang,” ungkap Ngadiso.

Melalui kesepakatan suara warga, Ngadiso menguraikan bahwa warga berharap bangunan tenda lapak selain untuk jualan, juga bisa sebagai tempat perkumpulan warga.

“Jadi kalau belum bisa jualan tidak apa-apa, tetapi warga kan tidak punya lokasi pertemuan warga. Harapannya bisa sebagai lokasi kumpul pertemuan RT,” harapnya.(Haris Akbar Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *