Bawang Putih Naik Capai Rp 50 Ribu Per Kg

  • Bagikan
Seorang pedagang bawang putih di Pasar Karangayu, Kota Semarang.(Dok: Muhammad Aries Nugroho)

Berita.Djonews.com, SEMARANG – Masyarakat khususnya Kota Semarang harus merogoh kocek lebih dalam untuk berbelanja. Sebab, harga putih di Kota Semarang mencapai Rp 50 ribu per kilogramnya. Hal ini disebabkan karena pasokan bawang putih ke pasar tradisional menipis.

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Karangayu Semarang, Pulung mengungkapkan jika harga bawang putih mulai naik sejak dua hari yang lalu. Banyak pembeli yang kaget harga bawang putih tiba-tiba meroket.

“Saya dapat info itu barangnya kosong di pelabuhan. Tapi saya dapat info hari ini di Solo itu ada tapi cuma katanya belum dibuka,” ungkapnya, Rabu (5/7/2023).

Menurutnya , standar harga bawang putih hanya kisaran Rp 35 ribu per kilogramnya. Namun, saat ini kenaikkan menjadi Rp 50 ribu.

“Mungkin ini kalau tak salah seperti kartel jaman dulu saat di Semarang ada penimbunan kartel bawang putih di Kawasan Candi. Mungkin seperti itu. Tapi saya belum bisa memastikan,” tambahnya.

Naiknya harga bawang putih membuat penjualannya menurun. Banyak pembeli yang mengurangi jumlah pembelian. Selain itu, ada juga pelanggan yang memilih membeli bumbu instan.

“Yang tadinya beli banyak sekarang sedikit-sedikit. Beberapa ada yang pindah ke bumbu instan,” kata Pulung.(Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *