Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Panwaslucam

  • Bagikan
Bawaslu Kendal membuka pendaftaran Panwaslucam , Rabu (21/9/2022).(dok:ist)

Djonews.com, KENDAL – Pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) sudah mulai di buka oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal. Pembukaan dimulai Rabu 21 September 2022 hingga tanggal 27 September mendatang.

Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani mengungkapkan ada yang berbeda dengan seleksi sebelumnya, dalam seleksi nantinya tidak lagi ada tes tulis alias akan dihilangkan seleksi tes tertulis.

“Sebagai gantinya kami gunakan computer assisted test (CAT) dan nantinya kalau tes CAT lolos diambil enam besar untuk selanjutnya mengikuti tes wawancara dan akan diambil tiga orang,” katanya, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya hal tersebut akan menghasilkan transparansi enam peserta dengan nilai tertinggi hasil CAT dari tiap kecamatan akan berlanjut ke tes wawancara.

“Seleksi ini berdasarkan keputusan ketua bawaslu ri nomor 314/hk.01.00/k.1/09/2022 tentang pedoman pembentukan panitia pengawas pemilu kecamatan dalam pemilu serentak tahun 2024,” imbuhnya.

Odilia menambahkan ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi untuk menjadi Panwaslucam, yakni harus warga ber-KTP Kendal, bukan anggota partai politik, paling rendah berusia 25 tahun, minimal lulusan SMA dan jika PNS harus ada izin dari atasan.

“Pendaftar bisa mengirimkan berkas langsung ke kantor Bawaslu, setiap kecamatan di butuhkan tiga orang panwaslu,” imbuhnya.

sementara salah satu pelamar, Pratiknyo mengatakan sebagai warga negara ingin mengabdikan diri dalam pengawasan pesta demokrasi serentak tahun 2024 mendatang.

“Tertantang saja ingin mengabdikan diri menjadi salah satu pengawas pemilu mendatang,” katanya.(Fauzi Rohmat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *