Belum Sah, Berkas Bacaleg Parpol di Benahi

  • Bagikan
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom

Berita.Djonews.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, telah mengumumkan pengajuan proses perbaikan dokumen persyaratan bakal calon legislatif (Bacaleg) pada Pemilu 2024 mendatang, yang telah rampung pada 9 Juli 2023 lalu. Dari informasi semua partai melakukan perbaikan berkas kadernya yang maju dalam Pileg.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, proses tahapan tersebut telah dimulai pada 26 Juni 2023 dan berakhir pada 9 Juli 2023.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, semua parpol melakukan perbaikan berkas calon yang maju dalam Pileg.

“Kemarin partai politik sudah melakukan perbaikan, dan kita malakukan proses administrasi perbaikan misal ada yang ganda dan lainnya, untuk penetapan daftar caleg sementara (DCS),” ujarnya, Kamis (13/7/2023).

Nanda, sapaanya mengatakan, dari semua berkas memang ada kekurangan, misal masalah legalisir dokumen, pengadilan hingga foto bacalegnya yang kurang jelas. Menurutnya perbaikan yang dilakuan hanya sebatas administratif. “Hanya hal-hal administratif saja, misal legalisir dan kekurangan lainnya yang dilengkapi,” jelasnya.

Menurut dia, proses perbaikan ini sudah rampung dilakukan semua parpol, meskipun ada kekurangan kecil. Nanda mengaku masih akan mencermati berkas yang diajukan untuk penyusunan DCS pada awal Agustus nanti.

“Kalau yang dicoret nanti kita cermati dulu, prosesnya kan ada tanggapan masyarakat juga, baru nanti Oktober atau November awal penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) akan keluar,” pungkasnya.(Haris Akbar Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

adplus-dvertising