Berikan Gambaran Pemungutan Suara, Adakan Simulasi di Gunungpati Kota Semarang

  • Bagikan
Warga mengikuti simuliasi pemungutan suara di Gunungpati, Kota Semarang, Selasa (26/12/2023).dok. ist.

Berita.Djonews.com, SEMARANG  – KPU Kota Semarang melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 bertujuan untuk menguji coba berapa waktu yang dibutuhkan dalam proses penghitungan suara di Sentra Galeri Batik Warna Alam Gunungpati, Selasa (26/12/202 3).

Dalam kesempatan itu, KPU Kota Semarang melibatkan seluruh pemilih di TPS tersebut jajaran PPK dan PPS turut mengikuti simulasi. KPPS bertugas mulai dari daftar hadir peserta, penyerahan surat suara, hingga pemberian tinta sebagai tanda pemilih telah mencoblos.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengungkapkan dalam simulasi ini, KPU juga membuat video tutorial pemungutan dan penghitungan suara yang nantinya sebagai sarana sosialisasi untuk memberikan gambaran kepada masyarakat serta panitia pemungutan suara.

“Simulasi Pemilu 2024, kami pakai TPS di Gunungpati. Jumlah pemilih 188 orang. Kami juga melibatkan teman-teman PPK dan PPS,” terangnya.

Pihaknya menambahkan,  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemungutan, diantaranya penyelenggara harus bisa membedakan pemilih terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT), pemilih pindahan, dan pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT namun mereka merupakan warga setempat.

“Harapannya konten bisa membantu masyarakat mencaritahu seperti apa posisi mereka dan hal-hal yang dilakukan ketika ada diposisi tersebut baik pemilih atau penyelenggara,” imbuhnya.

Selain itu, proses rekapitulasi juga perlu diwaspadai. Petugas juga perlu memahami pengisian plano, penyalinan, dan sebagainya.

“Dalam rekapitulasi, ada plano, bagaimana pengisiannya, menyalinnya. Plano difoto bagian dari bukti rekapitulasi di TPS tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddim mengatakan, simulasi ini diharapkan bisa mengenalkan proses saat pencoblosan. Konten video simulasi juga bisa menjadi sarana sosialisasi agar nantinya pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 dapat berjalan baik.

“Ada beberapa catatan perpindahan warga luar kota segera melalukan proses percepatan melakukan pendaftaran,” tambahnya.

Dia mengajak, masyarakat bisa berbondong-bondong ke TPS pada hari H pencoblosan dengan harapan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 bisa mencapai 80 persen.(PJK)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *