Cek Kesehatan Hewan Kurban, Temukan Sapi Lemas

  • Bagikan
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kendal memeriksa hewan kurban di tempat pengepul, Rabu (28/6/2023).(Dok: ist)

Berita.Djonews.com, KENDAL – Dinas Pertanian dan Pangan Kendal melakukan pemeriksaan dan mengecek kesehatan hewan kurban yang nantinya akan disembelih dihari raya Idul Adha di Desa Donosari, Kecamatan Patebon, Kendal.

Dari hasil pemeriksaan telah ditemukan hewan kurban dalam kondisi lemas. Bahkan hewan tersebut telah diberi vaksin dengan tanda barcode di telinga.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DPP Kendal Puji Yuwono mengungkapkan tidak ditemukan sapi yang sakit, melainkan satu sapi yang masih lemas.

“Satu persatu sapi diperiksa baik detak jantung maupun maupun giginya sudah tanggal atau belum. Salah satu ciri-ciri hewan sakit adalah mulutnya berliur banyak dan bulunya kalau diusap rontok,” katanya, Rabu (28/6/2023).

Sementara salah satu pedagang hewan kurban milik Slamet Riskon Umami mengatakan, selama perawatan sapi tersebut juga diberi jamu rempah-rempah agar selalu sehat.

“Dikasih makanan rempah-rempah sehingga ketika mau dikirim ke alamat kondisi sapi sudah sehat,” jelasnya.

Selain untuk hewan kurban ia juga melayani pembelian untuk dipotong di rumah pemotongan hewan baik untuk keperluan dijual dagingnya maupun untuk keperluan lain.(Eko Sujatno)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *