Coba Kawinkan Dua Gajah Semarang Zoo

  • Bagikan
Dua Gajah Sumatera yang dihibahkan oleh LK Borobudur untuk Semarang Zoo akan coba dikawinkan, Selasa (20/6/2023).(Dok: Humas Pemkot Semarang)

Berita.Djonews.com, SEMARANGSemarang Zoo yang mendapatkan hibah dua gajah dari Lembaga Konservasi Borobudur atau PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), akan coba dikawinkan.

Direktur Semarang Zoo Choirul Awaludin mengungkapkan proses perkawinan dilakukan supaya dua gajah tersebut bisa berkembang biak dan tidak mengalami kepunahan.

 “Arahan dari Kepala Balai BKSDA Jateng, Bona dan Sella coba dikembangbiakkan, karena mereka berdua masih dalam usia produktif ,” katanya, Selasa (20/6/2023).

Pihaknya menambahkan saat ini sudah berkoordinasi dengan dokter hewan yang nantinya akan dilakukan pemeriksaan termasuk kesehatan reproduksi Bonda dan Sella, dua gajah tersebut.

“Usia mereka kan masih 37 tahun masih dalam usia produktif, tapi prosesnya nggak mudah, agak panjang, tapi kita harap keduanya bisa jodoh dan beranak-pinak di Semarang Zoo,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Jateng, Heru Sunarko menyebutkan untuk hibah dua gajah tersebut dilakukan sesuai arahan Dirjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena LK Borobudur memiliki lima gajah, tiga gajah direlokasi ke Gembiraloka, dan dua Gajah ke Semarang Zoo

 “Sesuai arahan Dirjen gajah ini dipindah ke Gembira Loka dan Semarang Zoo, Selasa kemarin dikirim dari Magelang dan malam harinya tiba di Semarang,” tambahnya.

Waktu pengiriman kata dia, sengaja dipilih malam dengan berbagai pertimbangan, yakni cuaca, kepadatan lalu lintas dan lainnya.“Harapan saya bisa berkembangbiak, keduanya sehat dirumah baru mereka,” tandasnya.(Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *