Desa Purworejo, Demak Langganan Banjir Rob

  • Bagikan

Djonews.com, DEMAK –  Banjir rob masih menjadi masalah yang “klenik” bagi warga yang berada di Desa Purworejo, Kecamatan Bonang, Demak. Sebab, banjir rob tersebut masih sering terjadi bahkan bisa dianggap langganan.

Kepala RT 1 RW 2 Gandong, Desa Purworejo, Zaenal Arifin mengungkpakan sebagian besar di tridesa pesisir Kecamatan Bonang. Yaitu Desa Purworejo, Morodemak, dan Margolinduk mengalami banjir rob.

“Kalau tinggi-tingginya bisa hampir 2 meter banjir rob disini, banjir rob di jalan perbatasan Desa Gebang dan Purworejo, dengan ketinggian air sekitar 30 cm sepanjang sekitar 400 meter jalan,” katanya, Rabu (7/12/2022).

Sementara itu, ditempat terpisah jalan permukiman Morodemak dan Margolinduk sekitar 10-25 cm. Kondisi paling tinggi genangan rob di Dukuh Gandong dengan ketinggian 30-60 cm.

Menurut Zaenal pada Desember saja kondisi rob kini makin parah karena disertai dengan hujan. Warga sekitar pun berupaya meninggikan rumahnya supaya tidak tergenang banjir rob.

“Rumah diuruk terus sampai sundul dengan langit-langit,” terangnya.

Sementara itu nampak satu warga mendorong motornya di tengah genangan rob di perbatasan masuk Desa Purworejo dari arah Desa Gebang. Ketinggian rob tersebut pukul 10.00 WIB sekitar 30 cm.

“Iya mogok dari Gebang, ketinggian setengah meter,” kata warga Desa Purworejo, Abu Hasyim (45).

Ia menyebut kondisi rob menggenangi jalan kabupaten tersebut sudah berbulan-bulan pada kondisi jalan yang belum ditinggikan. Ia menyebut kondisi sepekan belakangan kian parah.

“Akhir-akhir ini tambah tinggi tambah parah, bisa sekitar satu meter, Purworejo setiap hari banjir rob, kalau parah bisa sampai Gebang,” imbuhnya.(Kushermanto)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *