DPT Pemilu 2024 Segera Ditetapkan

  • Bagikan
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom

Berita.Djonews.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang bersiap menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Hotel Dafam pada Rabu (21/6/2023).

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom mengatakan pihaknya akan terus melakukan sinkronisasi dari hasil pleno DPT di Panitia Pemilihan Suara (PPS) dan Panita Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kemarin kan di PPS sama PPK kan sudah pleno ya. Kemudian akan ada proses sinkronisasi data dari Kecamatan ke Kota. Kemudian akan ada juga verifikasi,” ujar pria yang akrab disapa Nanda itu.

Jika hasilnya sudah final, Nanda dan jajaran KPU Kota Semarang siap untuk mensosialisasikan. Untuk form pindah pemilihan akan disediakan menjelang pemilu dan bisa dikonsultasikan setelah DPT ditetapkan

“Nanti setelah pleno disahkan biasanya data DPS dan DPSAP juga akan dimutakhirkan,” tambahnya.

Nanda mengatakan biasanya yang melakukan proses pindah pemilihan adalah orang-orang yang tidak bisa pulang ke daerah asal sesuai KTP karena pekerjaan atau hal mendesak lainnya di daerah lain.

Proses ini sudah berjalan misalnya di pondok-pondok pesantren atau para pemilih yang ada di luar negeri karena sudah pasti tidak bisa pulang.

“Proses pindah pemilihan sendiri pada Pemilu 2019 ada sekitar 25 ribu pemilih yang melakukan pengurusan. Ya 2024 kita lihat aja nanti ada berapa,” tutupnya.(Haris Akbar Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *