ETLE Drone Rekam 15 Pengendara yang Melanggar di Demak

  • Bagikan
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah bersama Satlantas Polres Demak melakukan monitor dan evaluasi (Monev) tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) menggunakan drone di traffic light Bogorame, Jalan Sultan Fatah Demak , Rabu(29/11/2023) . (Dok: Kushermanto)

Berita.Djonews.com, DEMAK – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) melakukan monitor dan evaluasi (monev) tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) menggunakan drone di traffic light Bogorame di Jalan Sultan Fatah Demak, Kabupaten Demak pada Rabu (29/11/2023).

Drone tersebut terbang sekitar 15 menit telah berhasil merekam setidaknya 15 pengendara motor yang kedapatan melanggar lalu lintas.

Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Indra Hartono mengungkapkan dengan menerapkan penindakan secara ETLE bisa mendukung efektivitas ETLE statis maupun mobile yang sudah diterapkan sebelumnya

 “Dengan ETLE Drone bisa menjangkau lebih luas terhadap pelanggaran yang padat arus lalu lintasnya dan tidak terjangkau oleh ETLE Statis,” kata Kompol Indra.

Pihaknya menyebut jika mekanisme tilang elektronik dengan ETLE Drone sama seperti ETLE statis maupun mobile. Namun, penggunaan drone yang bisa menjangkau lebih luas dapat menindak pelanggar yang tidak terkover ETLE statis

 “Sehingga tujuan akhirnya adalah menekan pelanggaran lalu lintas dan menurunkan fatalitas lakalantas yang didahului oleh pelanggaran lalu lintas,” terangnya.

Dari hasil monev itu, terdapat pelanggar lalu lintas yang terekam kamera ETLE Drone yang diterbangkan selama kurang lebih 15 menit. Hal ini menunjukkan tingginya efektifitas ETLE Drone.

“Terdapat 12 pelanggar lalu lintas selama ETLE Drone kami terbangkan. Di antaranya ada sembilan pelanggar tidak membawa helm dan tiga pelanggar rambu atau marka jalan,” ungkapnya.(KUS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *