Gandeng Organisasi Pemuda Guna Pengawasan Pemilu 2024

  • Bagikan

Djonews.com, KABUPATEN SEMARANG –.Menjelang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Semarang langsung menggandeng beberapa pihak untuk turut mengikuti pengawasan partisipan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Mohammad Talkhis mengungkapkan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya kawula muda, maka melibatkan organisasi Kemasyarakatan dan kepemudaan (OKP).

“Untuk menumbuhkan kesadaran pribadi, kerelaan dan panggilan hati untuk ikut berperan mewujudkan pemilu yang berkualitas dengan menjadi pengawas partisipatif,” katanya,Rabu (2/11/2022).

Menurutnya, dengan menjadi partisipasi  pengawasan masyarakat dapat dilakukan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk melaporkan kejadian atau dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu di lingkungannya masing-masing. 

“Kemarin kami sudah lakukan sosialisasi, dan ini merupakan agenda rutin sehingga bertujuan untuk memaksimalkan warga masyarakat peduli dengan tahapan pemilu,” imbuhnya.

Sehingga, jika fungsi pengawasan dan pencegahan diperlukan dimana Panwascam hanya terdiri dari tiga orang untuk setiap kecamatan, dan satu orang setiap desa. Serta ditambah keterlibatan pegiat sosial, kepala desa, Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), mahasiswa dan sebagainya.

“Perlu peran serta seluruh elemen masyarakat dalam pengawasan, terlebih Kabupaten Semarang merupakan salah satu daerah yang memiliki jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah,” tambahnya.

Senada, Ketua Bawaslu Jateng periode 2017-2022 M. Fajar SAKA menyebut secara prinsip tidak ada perbedaan yang mencolok dalam melaksanakan fungsi pengawasan oleh Bawaslu di setiap gelaran pesta demokrasi. Menurutnya dukungan bagi petugas garda terdepan di tingkat kecamatan dan desa harus diperkuat.

“Determinasi petugas ini penting. Artinya butuh seseorang yang memiliki pengetahuan, pengalaman dan sifat berani agar Pemilu berjalan sesuai aturan main,” ungkapnya.(Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *