Gelar Dialog, 96 Ormas di Minta Untuk Perbaiki Surat Ijin

  • Bagikan
kegiatan Forkopimda pemberayaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Demak di Gedung Gradhika Bina Praja, Kamis (10/8/2023)..(Dok: Kushermanto)

Berita.Djonews.com, DEMAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak meminta kepada 96 Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kabupaten Demak untuk segera membenahi  ijin Surat Keterangan Terdaftar (SKT yang sudah kadaluarsa.

Dari data Kesbangpol Kabupaten Demak, ormas yang terdaftar di Kemendagri sebanyak 96 ormas di mana ijin Surat Keterangan Terdaftar (SKT) saat ini sudah kadaluarsa dan ormas yang terdaftar pada Kemenkumham RI dengan nomor Dirjen Administrasi Umum (AHU) sebanyak 127 ormas.

Bupati Demak, Eisti’anah mengungkapkan sebenarnya ormas memiliki peran yang cukup strategis karena turut memajukan daerah dengan segala aktivitas positifnya.

“Ormas dapat menjadi mitra yang kuat dalam mengatasi berbagai tantangan sosial, ekonomi, dan budaya,” katanya, Kamis (10/8/2023).

Bagi Bupati Demak, pemberdayaan ormas bukanlah sekadar tuntutan, tetapi merupakan suatu keharusan yang harus  dilakukan bersama.

“Kabupaten Demak memiliki banyak ormas sebagai pilar civil society yang kita harapkan turut mengawal pembangunan daerah dan berkontribusi secara nyata dalam pemberdayaan masyarakat,” ungkap Bupati Demak.

Selain itu Bupati Demak meminta seluruh Ormas bisa lakukan pendataan dan himbauan bagi ormas untuk melakukan pemutakhiran data.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Demak, Kendarsih Iriani menuturkan jika keberadaan Ormas menjadi perhatian bersama.

Menurutnya dengan kegiatan ini, bisa membahas isu yang sangat penting, yaitu pemberdayaan dan pembinaan organisasi masyarakat (ormas) di Kabupaten Demak.

“Dialog hari ini merupakan wujud komitmen kita bersama dalam menghadapi dinamika yang terus berkembang di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.(Kushermanto)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *