Gempa Tektonik di Laut Jawa Kendal

  • Bagikan
Data dari BMKG menunjukkan Gempa Tektonik di Kendal

Berita.Djonews.com, KENDAL – Gempa tektonik di wilayah Laut Jawa, Utara Jawa Tengah terjadi pada Rabu (13/9/2023) pukul 12.34.31 WIB. Menurut hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1. Dan tidak menimbulkan potensi tsunami.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,02° LS ; 110,09° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 kilometer arah Barat Laut Jepara, Jawa Tengah pada kedalaman 666 kilometer.

Dalam rilisnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyebut dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam (deep focus) akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan extensional Lempeng Indo-Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault),” sebutnya.

Adapun dampak gempa bumi terjadi berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Jepara dan Kendal dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini Tidak Berpotensi Tsunami. Hingga pukul 12.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock).(Eko Sujatno)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *