Harga Sapi Mengalami Kenaikan Hingga Rp 2 Juta Per Ekor

  • Bagikan
Salah satu pedagang sapi di Desa Lanji Patebon Kabupaten Kendal yang menjual sapi sehat nan berkualitas, Senin (19/6/2023).(Dok: ist)

Berita.Djonews.com, KENDAL – Jelang perayan Idul Adha banyak para pedagang mulai menaikkan dagangannya supaya biar mendapatkan keuntungan. Seperti halnya harga hewan di Kabupaten Kendal, rata-rata mengalami kenaikan mencapai Rp 2 juta per ekor untuk semua jenis sapi.

Salah satu pedagang sapi di Desa Lanji Patebon, Edy Subianto menuturkan jika pada musim Idul Adha kali ini harga sapi mulai dari Rp 23 juta hingga Rp 34 juta per ekor.

Padahal pada musim tahun lalu, sapi kurban yang dijual mulai harga Rp 21 juta hingga Rp 31 juta per ekor.

“Kalau pembeli saat ini permintaan menurun, sampai sekarang baru terjual 25 ekor saja, kalau tahun lalu bisa 50 ekor khusus wilayah Kabupaten Kendal saja,” tuturnya, Senin (19/6/2023).

Menurutnya, penurunan tersebut akibat dari terserang penyakit mulut dan kuku atau (PMK) dan LSD, Namun untuk sekarang sudah relative sehat dan aman.

“Kalau sekarang aman, gak seperti tahun lalu, banyak yang kena PMK, Sapinya sehat semua, sudah diperiksa petugas dan divaksin ” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal, Pandu Rapriat Rogojati menerangkan untuk stok hewan sapi kurban dijamin aman. Sebagian besar hewan sapi untuk kurban berasal dari daerah Jawa Timur, sehingga sebelum masuk wilayah Kendal harus menunjukkan surat keterangan sehat.

“Kalau ada yang ketahuan tidak ada surat keterangan sehat, terpaksa harus dikembalikan ke daerah asal membelinya,” katanya.(Eko Sujatno)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *