Harga Telur Ayam Melambung Tinggi

  • Bagikan
Salah satu pedagang telur ayam di Pasar Tradisional di Kota Semarang, Rabu (24/5/2023).(Dok: Putra Janoko

Berita.Djonews.com, SEMARANG – Naiknya harga komoditas telur ayam di beberapa daerah membuat para pedagang dan pembeli merasa khawatir. Sebab, kenaikan tersebut membuat para ibu rumah tangga harus merogoh kocek lebih dalam.

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan dan Stabilitas Harga Disdag Kota Semarang Sugeng Diliarto memastikan meski harganya melonjak stok komoditas telur ayam di pasaran baik pasar tradisional maupun pasar modern di Kota Atlas tetap aman.

“Harga komoditas telur memang melonjak seiring dengan tingginya permintaan masyarakat. Sejauh ini sudah menyentuh Rp 32 ribu per kilogram di pasar tradisional,” ungkapnya, Rabu (24/5/2023).

Menurutnya, harga telur memang sudah mencapai Rp 32 ribu per kg, tetapi di supermarket atau pasar modern justru masih terkendali di angka Rp 28 ribu-Rp 29 ribu per kg.

“Kami cek ulang di supermarket Rp 28 ribu-Rp 29 ribu per kg, di pasar Rp 32 ribu kg. Kalau supermarket sudah ada standar harga biasanya. Kalau harga segini ya sudah, tidak melihat isu di luar,” kata Sugeng.

Namun, kata dia, pedagang di pasar tradisional lebih terpengaruh dengan isu di luar. Apalagi jika harga-harga komoditas di daerah lain naik maka secara otomatis akan mengikuti naik.

“Kalau (pedagang, red.) pasar tradisional itu latah, misalnya di Jakarta, Surabaya, dan kota-kota besar naik, dia ikut naik. Kalau supermarket paling naik Rp 500-Rp 1.000. Tidak langsung ikut-ikut di daerah lain,” lanjut Sugeng.

Sementara itu, Yonas (59 tahun) pedagang sembako di Semarang mengakui bahwa harga telur belakangan memang naik dan saat ini dijualnya di kisaran Rp 30 ribu per kg karena harga dari distributor memang sudah tinggi.

“Kalau harga normal, biasanya saya jual (telur, red.) Rp 27 ribu per kg. Sekarangini sudah tinggi dari distributor. Saya sekarang jual Rp 30 ribu per kg,” ujar Yonas.(Putra Janoko)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *