Hasil Deviden Rendah, Dewan Minta Evaluasi

  • Bagikan
Ketua DPRD Kabupaten Demak, H.S Fahrudin Bisri Slamet

Berita.Djonews.com, DEMAK – Pada tahun 2022 hasil BUMD di Kabupaten Demak menghasilkan dividen kurang lebih Rp 28 Miliar. Jumlah tersebut terbilang kecil, sehingga perlu adanya evaluasi menyeluruh salah satunya PT Demak Aneka Wirausaha (Anwusa) yang dengan dividen terendah.

Ketua DPRD Kabupaten Demak, H.S Fahrudin Bisri Slamet menyebut perlu adanya evaluasi kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sehingga dapat menaikkan deviden Kabupaten Demak pada tahun berikutnya.

“Aneka Wirausaha harus mendapatkan perhatian yang lebih baik, sehingga modal tidak hanya ditaruh di deposito, tapi bagaimana itu digunakan modal untuk bekerja Termasuk perusahaan AMDK itu, harus ada kejelasannya jangan terlantur-lantur terus sehingga nanti akan merugikan,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian & SDA Sekda Demak, Arief Sudaryanto mengakui, dari hasil 7 unit usaha BUMD yang ada, PT Anwusa menjadi penyetor terendah dengan nilai Rp 120 juta pada tahun 2022.

“PT Anwusa harus betul-betul dibina untuk semakin lebih baik,” pungkasnya.

Kendati demikian, jumlah total dividen senilai Rp 28 pada tahun 2022 sudah melampaui target dari tahun tahun sebelumnya dengan target dividen Rp 26.

“Target BUMD kita Rp 26 miliar, dan ini kita bisa mendapatkan Rp 28 M jadi melampaui target itu, kita harapkan semakin banyak untungnya gitu, kami memahami dan kami sepakat,” jelasnya.

Terkait PT Anwusa, kata Arif, ditargetkan Rp 110 juta, namun hasil dividen mencapai Rp 120, namun jumlah tersebut masih terlalu kecil dibandingkan unit usaha BUMD yang lain.

Sampai saat ini, PT Anwusa membidangi sejumlah usaha seperti gas hingga SPBU untuk nelayan dan air minum dalam kemasan.

“Aneka wirausaha ini yang sudah jalan, yaitu baik gas yang sudah subsidi maupun tidak, kemudian ada pabrik es, kemudian ada SPBUN yang baru itu AMDK masih baru memang belum bagus dalam bisnis,” sambungnya.(Kushermanto)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

adplus-dvertising