Jaga Kualitas Pangan Jelang Nataru

  • Bagikan

Djonews.com, SEMARANG – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Semarang melakukan intensifikasi pengawasan pangan ke toko modern, Transmart Ahmad Dahlan, Semarang.

Upaya ini dilakukan untuk memastikan produk yang dijual aman untuk dikonsumsi masyarakat, khususnya menjelang lonjakan transaksi di moment natal dan tahun baru.

Petugas Lapangan BPOM di Semarang, Matheus menjelaskan, dari hasil kegiatan yang dilakukan, meski tidak ditemukan adanya produk yang tetap dijual melebihi masa kadaluarsa. Namun tim mendapati adanya barang yang dijual dalam kondisi kemasan yang rusak serta tidak dilengkapi informasi yang jelas.

“Kalau kadaluarsa sudah tidak ada. Cuma yang barang rusak masih ada sedikit. Juga sebagian tidak ada label info produknya misal kadaluarsanya tidak ada,” kata Matheus.

Untuk selanjutnya, produk yang dijual dalam kondisi kemasan yang rusak itu disingkirkan dan diretur ke pemasoknya.

“Menemukan ada sebagian kecil produk yang tidak dijual penyok, tidak tercantum identitas kadaluarsa, secara keseluruhan sudah cukup bersih dan tertata rapi,” imbuhnya.

Matheus menambahkan, intensifikasi pengawasan pangan ini dilakukan terhadap produk pangan. Harapannya masyarakat bisa terlindungi dari produk makanan yang tidak memenuhi standar.

Rencananya intensifikasi pengawasan pangan ini akan dilakukan sebelum natal sampai dengan tahun baru. Sasarannya adalah retail modern, supermarket, distributor di seluruh wilayah cakupan BPOM Semarang.(Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *