Jangan Asal Pilih, Cek Dulu Rekam Jejak Caleg

  • Bagikan
Ketua KPU Kabupaten Demak Bambang Setya Budi.(Dok: Kushermanto)

Berita.Djonews.com, DEMAK – Terdapat 521 daftar calon sementara (dcs) yang terdiri dari 315 laki-laki dan 206 perempuan pada kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Maka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak dihimbau untuk lebih bijak dalam memilih calon legislatif.

Ketua KPU Kabupaten Demak Bambang Setya Budi mengungkapkan Berdasarkan peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang pencalonan DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, KPU Demak telah mengumumkan DCS anggota DPRD Kabupaten Demak pada tanggal 19-23 Agustus 2023.

“Partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dinilai sangat penting. Sehingga masyarakat bisa menilai para calon yang nantinya akan menjadi wakil rakyat,” ujarnya.

Sehingga, pihaknya meminta kepada warga Kabupaten Demak untuk melihat rekam jejak para calon legislatif tersebut. Tak hanya itu, dengan melihat serta menilai para calon masyarakat dapat memilih sesuai dengan yang diharapkan.

“Untuk daftar DCS bisa dilihat di beberapa media online atau cetak, di laman resmi KPU Demak,” tuturnya.

Berdasarkan data pencalonan anggota DPRD Kabupaten Demak dalam Pemilu 2024, terdapat tiga Partai Politik (Parpol) yang telah memenuhi syarat 100 persen dari jumlah kursi pada setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

“Tiga partai itu yakni PKB, Gerindra dan Nasdem. Itu 100 persen memenuhi syarat dari jumlah kursi pada setiap Dapil,” sebutnya.

Diketahui, rekapitulasi jumlah calon dalam DCS anggota DPRD Kabupaten Demak dalam Pemilu 2024 diantaranya PKB 50 DCS, Gerindra 50 DCS, PDIP 49 DCS, Golkar 49 DCS, dan Nasdem 50 DCS.

Kemudian, Partai Gelora 30 DCS, PKS 38 DCS, PKN 2 DCS, Hanura 35 DCS, PAN 40 DCS, PBB 5 DCS, Demokrat 38 DCS, PSI 7 DCS, Perindo 15 DCS, PPP 42 DCS, Partai Ummat 21 DCS, sementara Partai Buruh dan Partai Garuda kosong.(Kushermanto)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *