Kanal Aduan Lapor Hendi Berubah, Jadi Sapa Mbak Ita

  • Bagikan

Djonews.com, SEMARANG –  Kanal aduan dan layanan publik Kota Semarang kini telah berganti nama dari sebelumnya Lapor Hendi menjadi Sapa Mbak Ita.

Sapa Mbak Ita resmi diluncurkan sebagai kanal aduan dan layanan publik bertepatan dengan rangkaian Hari Ibu ke 94 pada Sabtu 19 Desember 2022 di Alun-Alun Pasar Johar Semarang.

Nama kanal aduan dan layanan publik Sapa Mbak Ita sebab merujuk pada nama Hevearita Gunaryanti Rahayu selaku Plt Walikota Semarang.

Melaui kanal Sapa Mbak Ita, masyarakat Kota Semarang bisa menyalurakan aspirasi, laporan, aduan, sebagai sarana komunikasi antara pimpinan dengan warganya.

“Wadah ini dapat dimanfaatkan juga oleh para perempuan dan ibu-ibu untuk melaporkan hal-hal yang ada disekitar kita,” kata Mbak Ita.

Selain itu, masyarkat juga bisa menyalurkan kritik jika ada kendala atau masalah yang menjadi wewenang Pemerintah Kota Semarang.

“Silahkan manfaatkan kanal Sapa Mbak Ita untuk menyampaikan aduan serta kritikan sekaligus untuk menyampaikan aspirasi, gagasan dan masukan,” katanya.

Dalam acara launching kanal Sapa Mbak Ita dilakukan prosesi simbolis dengan menerbangkan sebanyak 220 burung serta menabuh secara serentak ratusan mainan tradisional otok-otok dari bambu oleh para peserta acara.

Suara nyaring dari ratusan otok-otok bambu yang dimainkan oleh peserta memiliki filosofi kebebasan bersuara dan beraspirasi.

Sedangkan pembebasan 220 ekor burung memiliki makna kebebasan pula untuk menyampaikan aduan yang berkaitan dengan Pemerintah Kota Semarang sekaligus melambangkan perayaan hari ibu pada tanggal 22 Desember 2022.

Sejumlah kanal Sapa Mbak Ita yang juga berkolaborasi dengan SP4N-Lapor! resmi disediakan yaitu website di sapambakita.lapor.go.id,

Whatsapp bernomor 0812-1500-0512 dengan format  sapambakita#nama#judul#lokasi#isi laporan#jenis kelamin(L/P)#apakah difabel?(Y/N), twitter di akun @sapambakita dengan mengetikkan tagar #sapambakita, Aplikasi Android Sapa Mbak Ita, serta layanan SMS  1708 dengan format lapor spasi sapa mbak ita.

Laporan dan aduan yang disampaikan melalui Sapa Mbak Ita ini yaitu berkaitan dengan pelayanan publik, kinerja pemerintah, serta pembangunan di Kota Semarang seperti infrastruktur, administrasi kependudukan, perhubungan, permukiman, pajak daerah, air dan tanah, kesehatan, sosial kemasyarakatan,  dan pendidikan.

Kepala Diskominfo Kota Semarang, Soenarto menambahkan bahwa melalui kanal-kanal pengaduan Sapa Mbak Ita ini masyarakat tidak hanya melaporkan aduannya secara 1 arah saja.

“Masyarakat juga akan mendapatan respon dan update informasi mengenai progres tindak lanjut yang telah dilakukan oleh OPD. Jadi dari pada sambat di tempat lain, kami himbau masyarakat untuk melapor di kanal resmi Sapa Mbak ita agar terkelola dan terselesaikan dengan baik,” kata Soenarto.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *