Kebakaran Sampah di TPA Jatibarang Semarang Meluas Hingga 5 Hektare

  • Bagikan
Petugas kebakaran berusaha menjinakkan api yang membakar sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang Semarang, Senin (18/9/2023).(Dok: ist)

Berita.Djonews.com, SEMARANG – Petugas pemadam kebakaran Kota Semarang akhirnya berhasil memadamkan kebakaran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang, Kota Semarang, Selasa (19/9/2023) pagi. Meskipun petugas masih melakukan pendinginan.

Kepala BPBD Kota Semarang Endro Pudjo Martanto mengungkapkan Petugas menggunakan dua alat berat untuk mencari bara api yang diduga masih ada di timbunan sampah bagian bawah.

“Bara api yang ada di dalam, yang tidak kelihatan, sepertinya sudah padam tapi bisa menimbulkan lagi bara yang lebih besar,” ungkapnya.

Dari pantuan lokasi, masih terdapat delapan mobil pemadam kebakaran masih di lokasi kejadian. Pemkot Semarang juga turut membangun dapur umum di lokasi untuk membantu petugas di lokasi.

Sementara itu, Kepala UPTD TPA Jatibarang Wahyu Heryawan mengatakan, layanan bongkar sampah yang sempat dihentikan untuk memperlancar mobilitas mobil pemadam dan tangki air, sudah beroperasi lagi.

“Kami, pagi ini sudah mulai beraktivitas lagi, kami sudah menerima lagi sampah-sampah dari Kota Semarang. Prinsipnya, pagi ini kami sudah menerima sampah lagi, pelayanan normal,” kata Wahyu.

Diberitakan sebelumnya, sampah di TPA Jatibarang Semarang terbakar, Senin siang, sekitar pukul 14.00 WIB. Api cepat meluas lantaran tiupan angin yang cukup kencang.

Pemkot Semarang mengerahkan seluruh mobil pemadam kebakaran yang ada dan meminta bantuan dari wilayah tetangga, seperti dari Kabupaten Semarang, bandara, serta Kawasan Industri Wijayakusuma.

Kebakaran sempat membuat dua petugas pemadam kebakaran mengalami sesak napas karena menghirup asap yang berubah arah akibat angin. Api berhasil dijinakkan setelah 12 jam.(Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *