Kembali Tingkatkan Infrastruktur

  • Bagikan
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama jajaran melakukan pengecekkan persiapan jalan Sriwijaya baru.(dok:ist)

Djonews.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang tengah meningkatkan perbaikan infrastruktur jalan, yang sebelumnya sempat terkendala akibat refocusing anggaran.

Peningkatan infrastruktur jalan ini dilakukan dalam rangka mendukung aktivitas masyarakat agar berjalan baik dan cepat, termasuk untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

Beberapa jalan yang tengah dilakukan pengerjaan antara lain Jalan Sriwijaya, Jalan Gajah, Jalan Muktiharjo, Jalan Medoho, dan perbaikan ruas jalan lainnya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan ada beberapa ruas jalan yang saat ini tengah dibangun, yang sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2020 lalu. Adanya pandemi Covid-19, membuat anggaran perbaikan jalan sempat dialihkan untuk penanganan Covid-19 melalui refocusing anggaran.

“Ya sebenernya beberapa ruas yang sedang dibangun ini adalah rencana-rencana di tahun 2020 sebelum covid itu. Yang kemudian harus  terkena refocusing,” jelasnya.

Namun karena pandemi sudah mulai mereda, kini Pemkot Semarang kembali mengebut pembangunan infrastruktur seiring dengan kondisi ekonomi Kota Semarang yang mulai kembali pulih. Tidak hanya memperbaiki jalan  di pusat Kota ataupun perkampungan, Pemkot Semarang juga membuka jalur baru yakni Jalan tembus Jangli – Undip. Pembangunan jalan tembus ini diharapkan dapat memecah kepadatan arus lalu lintas yang sering kali terjadi di seputaran Patung Diponegoro dan Jalan Dr Wahidin.

“Begitu ekonomi lumayan, pendapatan semakin oke, kami jalankan hal-hal yang membuat aktivitas kehidupan di Semarang bisa berjalan baik dan cepat. Buka jalan baru, memperbaiki jalan rusak,  membuka tempat tempat aktivitas ekonomi seperti sentra-sentra IKM,” ujarnya.

Dengan perbaikan infrastruktur jalan, Hendi berharap aktivitas ekonomi masyarakat semakin meningkat. Bahkan saat ini, Pemkot Semarang juga membuka aktivitas ekonomi baru satu di antaranya telah dibangunnya industri kecil menengah (IKM) yakni sentra IKM Logam yang berada di Kecamatan Tugu. Dirinya optimistis pergerakan ekonomi di Kota Semarang akan semakin baik dengan infrastruktur yang semakin meningkat.(Mahmud Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *