Kinerja BPN Kota Semarang di Sorot

  • Bagikan
Anggota Komisi III DPR RI, Dede Indra Permana

Berita.Djonews.com, SEMARANG  – Pengawasan kinerja terhadap lembaga pemerintahan merupakan hal yang penting mengingat hal tersebut merupakan kepentingan masyarakat.

Kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang mendapat sorotan dari Anggota Komisi III DPR RI, Dede Indra Permana dikarenakan penerbitan sertifikat baru di atas sertifikat yang sudah ada, yang berujung pada perkara, sengketa, dan konflik pertanahan.

“Kinerja BPN Kota Semarang perlu dipertanyakan profesionalitasnya karena justru menimbulkan masalah yang merugikan masyarakat,” katanya, Selasa (16/5/2023).

Dede menegaskan bahwa tugas BPN Kota Semarang dalam melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pertanahan seharusnya mendukung hukum yang berlaku.

“Karena carut marut ini diduga kuat dimanfaatkan oleh Mafia Tanah secara berjamaah untuk menyerobot dan mengambil hak orang lain yang seharusnya dilindungi undang-undang,” imbuhnya

Dia pun meminta Panitia Khusus (Panja) Mafia Tanah segera melakukan audit investigasi terhadap BPN Kota Semarang. Langkah ini diharapkan dapat membongkar dugaan praktik tidak profesional yang dilakukan oleh BPN Kota Semarang, serta mengungkap adanya keterlibatan mafia tanah dalam sengketa dan konflik pertanahan yang merugikan masyarakat.

“Kami sebagai Anggota Komisi III DPR RI meminta Panja Mafia Tanah untuk segera melakukan audit investigasi terhadap BPN Kota Semarang,” imbuhnya.

Kehadiran Panja Mafia Tanah diharapkan dapat memberikan langkah konkret dalam menangani permasalahan ini. Audit investigasi yang dilakukan nantinya diharapkan dapat mengungkap fakta-fakta terkait kurangnya profesionalitas BPN Kota Semarang, serta mengusut kemungkinan adanya jaringan mafia tanah yang terlibat dalam praktik-praktik yang merugikan masyarakat.(Putra Janoko)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *