KPU Demak, Buka Pendaftaran Petugas KPPS Pemilu 2024

  • Bagikan
KPU Demak menggelar rapat koordinasi se-Kabupaten Demak di Wisma Halim, Rabu (6/12/2023).(Dok: Kushermanto)

Berita.Djonews.com, DEMAK – Mendekati Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak mulai membuka pendaftaran petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Senin (11/12/2023).

Ketua KPU Kabupaten Demak, Siti Ulfaati mengatakan, dalam Pemilihan Umum  Pemilu 2024 pihaknya membutuhkan 25.606 orang KPPS yang akan ditugaskan di 249 desa/kelurahan di Kabupaten Demak.

“Demak terdapat 3.658 tempat pemungutan suara, masing-masing TPS akan diisi 7 KPPS tinggal dikali saja jadi membutuhkan 25.606 orang,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Persiapan Rekruitmen KPPS Pemilu 2024 di Wisma Halim Jl Semarang – Demak, Desa Karangrejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Rabu (6/12/2023).

Adapun syarat calon anggota KPPS meliputi:

1. Warga negara Indonesia

2. Berusia paling rendah 17 tahun dan maksimal 55 tahun

3. Setia pada Pancasila sebagai dasar negara, UUD RI tahu  1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

4. Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil

5. Tidak menjadi anggota partai politik (Parpol) dinyantakan dengan surat yang sah, atau paling singkat 5 tahun tidak menjadi anggota Parpol dibuktikan dengan surat keterangan dari parpol bersangkutan.

6. Berdomisili di wilayah kerja KPPS

7. Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

8. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.

9. Tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Ketua KPU Demak, Siti Ulfaati berharap, dibukanya pendaftaran KPPS dapat tersampaikan ke masyarakat yang ada di Kabupaten Demak secara luas.

“Kami berharap ormas mendorong anggotanya, baik dari steakholder terkait untuk menjadi anggota KPPS. Karena kami membutuhkan banyak perseonil untuk KPPS,” katanya.

Siti Ulfaati menambahkan, berkas semua calon KPPS disampaikan melalui panitia pemungutan suara (PPS) di wilayah masing-masing.

“Pastikan pendaftar bukan anggota partai politik, pastikan pendaftar terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT),” pungkasnya.(KUS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *