Kunjungi Ponpes Girikusumo, Ganjar Banyak Belajar

  • Bagikan
Ganjar langsung disambut oleh pengasuh ponpes KH Munif Zuhri (Mbah Zuhri) di Ponpes Girikusumo, Kamis (4/5/2023) .(Dok: Haris Akbar Tanjung)

Berita.Djonews.com, SEMARANG Disela-sela kegiatan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Girikusumo yang berada di Kecamatan Mranggen, Demak.

Dalam kunjungannya Ganjar Pranowo diterima disambut langsung pengasuh ponpes KH Munif Zuhri (Mbah Zuhri) beserta ratusan santri.

“Saya lama tidak ke sini. Yang pertama ya silaturahmi, halal bi halal, ya bodo (Lebaran),” ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis (4/5/2023).

Ganjar juga belajar banyak hal dengan Mbah Zuhri, mulai dari pentingnya memajukan pendidikan keagamaan hingga merawat kebangsaan. Peran aktif sosok Mbah Zuhri dalam memajukan pendidikan keagamaan, khususnya di pesantren melalui kerja sama dengan beberapa pakar dari kampus.

“Beliau punya ide yang banyak, beliau sedang mengembangkan diskusi-diskusi antara kampus dengan pesantren dan sudah berjalan beberapa seri. Kiainya ada, pakarnya ada dan pernah berkeliling di beberapa tempat,” sambungnya.

Ganjar juga mendorong agar slogan Hubbul Wathon Minal Iman yang berarti cinta Tanah Air atau nasionalisme adalah sebagian dari iman, diamalkan oleh para santri dan pelajar.

“Saya banyak mendapatkan ide-ide dari beliau, bagaimana merawat bangsa bersama-sama biar para anak muda para pelajar ini kelak kemudian cintanya pada bangsa dan negara tidak pernah luntur, penghormatan pada romo, kiai, ulama, orang tua tidak luntur, hubbul wathon minal iman ada di situ,” pungkasnya.(Haris Akbar Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *