Mundur dari Kades, Nekad Maju Jadi Bacaleg

  • Bagikan
Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang mengajukan berkas ke KPU Kabupaten Semarang, Kamis (11/5/2023).(Dok: ist)

Berita.Djonews.com, KABUPATEN SEMARANG – Setidaknya ada empat Kepala Desa (Kades) di lingkungan Kabupaten Semarang mendadak mendaftarkan diri menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) dari partai politik (parpol) PDIP.

Total ada 50 nama bacaleg yang berkasnya disampaikan oleh PDIP ke KPU Kabupaten Semarang. Terungkap empat bacaleg di antaranya merupakan nama kades yang resmi mengundurkan diri

Masing-masing adalah Sjaichul Hadi mantan kades Boto, Kecamatan Bancak, Sujak Rohadi, Kades Lebak, Kecamatan Bringin, Abdullah HS, Kades Bakalrejo, Kecamatan Susukan, dan Sugiharto, Kades Jatijajar, Kecamatan Bergas.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha membenarkan, ada empat kades yang mengundurkan diri, dan hari ini menjadi bagian dari 50 bacaleg PDIP yang mendaftar Pemilu Legislatif 2024.

“Seluruh kader dan anggota partai solid bergerak untuk kemenangan tersebut, ada 19 di antaranya (38 persen) merupakan bacaleg perempuan dan 31 orang (62 persen) bacaleg laki-laki,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dispermades Kabupaten Semarang, Aris Setyawan yang dikonfirmasi mengatakan, keempat kepala desa tersebut telah mengirim surat pengunduran diri untuk mendaftar sebagai bacaleg.

“Mereka dinyatakan sah mundur, setelah surat pengunduran diri diterima. Pengajuan surat tersebut dilakukan melalui BPD, kemudian ke masing-masing camat hingga ke bupat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi menyampaikan, berkas bacaleg yang diserahkan oleh DPC PDIP dinyatakan lengkap.

Usai dilakukan verifikasi dan berkasnya lengkap dinyatakan diterima. KPU selanjutnya akan melakukan pemeriksaan administrasi, mulai 15 Mei hingga 23 Juni 2023. “Nanti kita cek administrasi dari masing-masing bakal calon,” ujar dia.(Fauzi Rohmat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *