Ngerinya Jalur Pantura,Rugikan Negara Capai Miliyaran

  • Bagikan
Perbaikan Jembatan Wonokerto, Demak membuat arus lalu lontas mengalami kepadatan dan mengakibatkan kemacetan yang panjang, Senin (24/10/2022).(dok:Prasetyo)

Djonews.com, DEMAK – Kepadatan arus lalu lintas di wilayah pantura Demak termasuk jalur yang mengerikan. Sebab, arus lalu lintas di pantura sekali macet bisa berkilometer dan sudah terjadi berbulan-bulan. Imbasnya, disebutkan membuat ratusan miliar hangus sia-sia.

anggota DPR RI Abdul Wachid mengungkapkan kemcetan jalur utara Jawa Tengah itu karena pembangunan jembatan Wonokerto yang dimulai sejak 20 juli 2022 lalu. Perkiraan, proses pembangunan jembatan ini memakan waktu delapan bulan.

“Artinya jika dihitung manual, baru akan selesai pada Maret 2023 mendatang, Saya merasa sangat tidak nyaman karena macet bisa berjam-jam. Kondisi ini sudah terjadi selama beberapa bulan,” katanya.

Anggota DPR RI dari Dapil II (Jepara, Kudus dan Demak) menambahkan jika dirinya sering melewati jalur tersebut dan sering menemukan kemacetan yang bisa menyebabkan berjam-jam.

“Saya amati pekerjaan jembatan Wonokerto Demak terkesan lambat sekali,” tandasnya.

Menurutnya, jika kemacetan terus berlanjut akan terjadi dampak serius terhadap perekonomian warga pantura. Jika dihitung, kerugian yang ditanggung pengguna jalan mencapai ratusan miliar.

“Jelas berdampak ke mobil angkutan barang, angkutan jasa serta pengguna jalan pribadi,” tuturnya.

Kerugian secara ekonomi terjadi, lanjut dia, karena moda transportasi sebagai penunjang pergerakan ekonomi masyarakat terhambat mobilitasnya imbas kemacetan panjang tersebut.

“Bayangkan berapa BBM yang terbakar akibat antrean yang rata-rata dua sampai tiga jam dengan ribuan mobil selama 24 jam,” papar Wachid.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *