Operasi Katarak: Apa Saja Perawatan yang Dilakukan?

  • Bagikan
Operasi KOperasi Katarak: Apa Saja Perawatan yang Dilakukan?atarak: Apa Saja Perawatan yang Dilakukan?

Berita.Djonews.com, KESEHATAN – Saat kondisi katarak sudah parah dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, biasanya dokter akan menyarankan tindakan operasi katarak. Hingga saat ini, operasi katarak dinilai sebagai satu-satunya solusi yang dapat mengatasi masalah katarak pada penderitanya.

Seiring berjalannya waktu, apabila operasi tidak segera dilakukan, katarak akan semakin memburuk. Katarak yang dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kebutaan.

Operasi katarak adalah sebuah tindakan bedah medis yang dilakukan untuk tujuan mengganti lensa mata yang keruh akibat katarak, dengan lensa buatan (intraokular) yang lebih jernih. Tingkat keberhasilan operasi katarak tergolong tinggi, artinya hampir semua pasien dapat melihat kembali secara normal pasca operasi.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon pasien dalam perawatan pasca operasinya untuk mencegah komplikasi.

Perawatan Pasca Operasi Katarak

Durasi tindakan operasi katarak terbilang cukup singkat, sekitar 15-20 menit saja. Setelah itu, pasien akan diperbolehkan untuk pulang ke rumah pada hari yang sama.

Sementara itu, untuk waktu pemulihan pasca operasi hingga benar-benar sembuh total biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 8 minggu. Waktu pemulihan ini dapat berbeda-beda pada setiap individu.

Selama waktu pemulihan, terdapat beberapa perawatan pasca operasi katarak yang perlu dilakukan agar proses penyembuhan berjalan optimal:

Setelah operasi, pasien akan diberikan tetes mata antibiotik dan antiradang untuk membantu mencegah infeksi dan mengurangi peradangan pasca operasi. Pasien dianjurkan untuk menggunakan obat tetes mata sesuai dengan petunjuk dokter. Perlu diperhatikan juga kebersihan tangan yang baik pada saat pemberian obat tetes mata dan menghindari sentuhan langsung dengan mata.

Pasien juga diwajibkan untuk beristirahat dengan cukup dan menggunakan pelindung mata pada saat tidur. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko mengucek mata secara tidak sengaja pada saat tidur atau bangun tidur.

Dokter juga menyarankan untuk menghindari aktivitas yang menimbulkan tekanan pada mata, seperti mengangkat barang yang berat atau olahraga fisik yang berat pasca operasi. Tekanan yang berlebihan pada mata dapat memperburuk kondisi mata.

Yang tidak kalah penting, setelah operasi katarak, pasien perlu memeriksakan mata pada hari H+1 dan jadwal-jadwal berikutnya secara teratur dan mengikuti rekomendasi dokter. Pada beberapa pasien, mungkin timbul rasa nyeri pasca operasi. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk minum obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Pantangan Pasca Operasi Katarak

Untuk mempercepat pemulihan, beberapa pantangan juga perlu diperhatikan oleh pasien pasca operasi katarak.

Untuk beberapa waktu setelah operasi katarak, mata pasien akan sangat sensitif dan rawan terhadap iritasi atau trauma. Oleh karena itu, pasien dianjurkan untuk menghindari segala aktivitas yang dapat menyebabkan tekanan pada mata, seperti mengucek mata, menggosok mata, atau memijat mata. Namun jangan khawatir, hal ini hanya untuk beberapa waktu paska operasi saja.

Pasien pasca operasi katarak dilarang mengucek mata karena tindakan mengucek mata dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan yang baru dioperasi dan memperlambat proses penyembuhan. Selain itu, gerakan mengucek mata dapat menyebabkan infeksi pada mata yang dapat memperburuk kondisi pasien.

Pasien juga dianjurkan untuk menghindari penggunaan kosmetik dan perhiasan di sekitar mata selama beberapa minggu setelah operasi. Makeup dan perhiasan di sekitar mata dikhawatirkan akan berisiko mengiritasi mata dan menyebabkan trauma pada mata.

Selain itu, pasien perlu menghindari berenang selama satu bulan setelah operasi untuk mencegah kontaminasi kuman dari air kolam masuk ke mata.

Efek Samping Setelah Operasi Katarak

Setiap tindakan medis pasti memiliki risiko efek samping tertentu. Setiap orang mungkin memiliki pengalaman efek samping yang berbeda, bahkan ada juga yang tidak mengalami efek samping sama sekali.

Beberapa efek samping atau kondisi yang mungkin dialami oleh pasien pasca menjalani operasi katarak, seperti:

Rasa  sakit atau tidak nyaman pada mata  

  • Penglihatan

 kabur atau buram

  • Mata

 merah atau bengkak

  • Sensasi

seperti ada benda asing di mata

  • Sensitivitas

terhadap cahaya meningkat  Mata  kering atau gatal  Perubahan  pada persepsi warna  Komplikasi  infeksi, seperti endoftalmitis (infeksi pada bola mata)

  • Kapsul

posterior yang mengembang dan menjadi keruh (kondisi di mana kapsul bekas lensa mengalami penebalan atau pengaburan, mengakibatkan penglihatan buram).

Meskipun  efek samping pasca operasi katarak cukup umum terjadi, kebanyakan pasien melaporkan bahwa gejala ini hanya bersifat sementara dan perlahan-lahan membaik dalam beberapa hari hingga minggu setelah operasi.

Namun,  jika efek samping berlangsung lebih lama atau semakin parah, pasien harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Operasi  Katarak dan Perawatannya di KMN EyeCare

Jika Anda sedang mencari tempat operasi katarak yang tepercaya, langsung saja hubungi KMN  EyeCare.

KMN EyeCare adalah salah satu jaringan klinik mata dan Rumah Sakit mata terkemuka di Indonesia yang telah berpengalaman dalam menangani berbagai macam masalah mata, termasuk katarak.

KMN EyeCare menggunakan teknologi modern dan alat-alat terbaru dalam operasi katarak, seperti teknologi phacoemulsification, yang dapat membantu menghilangkan lensa yang keruh dengan lebih efisien dan tepat.

KMN EyeCare memiliki tim dokter ahli yang berpengalaman dalam menangani operasi katarak. Dengan keterampilan dan pengalaman yang luas dalam menangani masalah mata, termasuk katarak, dokter-dokter di sini berkomitmen akan selalu memberikan perawatan yang terbaik untuk setiap pasien.

KMN EyeCare memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, termasuk ruang operasi yang steril dan ruang perawatan pasca operasi yang nyaman dan aman.

Perawatan pasca operasi katarak di KMN EyeCare dilakukan oleh tim medis yang berpengalaman dan menggunakan teknologi terbaru untuk memastikan pasien mendapatkan perawatan terbaik. Pasien juga akan mendapatkan informasi dan edukasi tentang bagaimana cara menjaga mata agar tetap sehat dan mencegah terjadinya katarak di masa depan.

Ingin mengetahui informasi metode operasi Katarak di KMN EyeCare lebih lanjut? Silakan klik link berikut ini. Artikel ini Ditinjau oleh: Dr. Kevin, SpM.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *