Para Bacaleg Ramai-ramai Ajukan Surat Permohonan ke PN Semarang

  • Bagikan
Juru bicara PN Semarang Aris Bawono Langgeng.(Dok: ist)

Djonews.com, SEMARANG – Pemilu Legislatif 2024 agar segera berlangsung, banyak para bakal calon legislator (bacaleg) mengajukan permohonan surat keterangan tidak pernah dipidana di Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Juru bicara PN Semarang Aris Bawono Langgeng mengungkapkan terdapat 292 bacaleg yang mengajukan namun ia tak mengetahu secara detail asal partai.

“Di berkas hanya nama, tidak disebutkan asal partai,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan jika pengajuan permohonan surat keterangan tersebut diajukan oleh masing-masing bakal caleg dan tidak secara kolektif.

“Tidak ada satu pun yang tercatat sebagai mantan terpidana maupun sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan penelusuran dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Semarang,” tambahnya.

Sebelumnya, pendaftaran calon legislator yang akan maju dalam Pemilu Legislatif 2024 mulai dibuka 1 hingga 14 Mei 2023.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang Henry Cassandra Gultom mengatakan 18 partai yang lolos pemilu ini diperbolehkan mendaftarkan calon legislator sesuai jumlah kursi legislatif yang ada di daerahnya. Dia menjelaskan di Kota Semarang terdapat 50 kursi DPRD.

Selain surat keterangan belum pernah dipidana, para bakal caleg tersebut juga diwajibkan untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).(Haris Akbar Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *