Pelaku Pembuang Bayi di Tangkap, Upayakan Restoratif Justice

  • Bagikan
Bayi dalam kantong plastik ditemukan di depan Toko Oleh-Oleh Larest Jalan Raya Siliwangi RT 1 RW 12, Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan Semarang pada Sabtu (9/9/2023) .(Dok: ist)

Berita.Djonews.com, SEMARANG – Pelaku pembuangan bayi di depan Toko Oleh-Oleh Larest Jalan Raya Siliwangi RT 1 RW 12, Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan Semarang pada Sabtu (9/9/2023) pagi akhirnya tertangkap oleh Polrestabes Semarang.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar mengungkapkan petugas menangkap satu orang yang diamankan, pelaku merupakan ibu bayi tersebut.

“Pelaku berinisial M sudah tertangkap, sampai saat ini masih satu orang yang diamankan kami akan lakukan direstoratif justice. Untuk kepentingan perawatan bayi dan ibunya pascamelahirkan,” ungkapnya, Selasa (12/9/2023).

Sementara itu, Sub Koordinator Tuna Susila dan Perdagangan Orang (TSPO) Dinas Sosial Kota Semarang, Bambang Sumedi menerangkan untuk bayi tersebut tidak diadopsi pihak manapun karena sudah ditemukan ibunya.

“Secara identitas dari Magelang. Saya bersama polisi ngambil bayinya itu nanti sore. (dibuang) hasil gelap sama pacar,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Bayi laki-laki yang baru dilahirkan ditemukan dalam tas kresek oleh salah satu karyawan toko oleh-oleh. Saksi tersebut terkejut karena ada tangisan dari plastik kresek hitam yang teronggok. Setelah dibuka ternyata ada bayi yang masih merah di dalam plastik

 “Saksi memberitahukan temuan itu ke pemilik toko, dan pemilik toko memberitahukan kepada ketua RT dan diteruskan ke Polsek Ngaliyan,” kata Kanitreskrim Polsek Ngaliyan AKP Parjin, Sabtu (9/9).

Dari pemeriksaan medis, diperkirakan bayi tersebut dilahirkan beberapa jam sebelum dibuang. Berat bayi laki-laki itu 3 kilogram dengan tinggi badan 48 sentimeter.

“Diperkirakan lahir tidak lama dari waktu penemuan, yaitu lahir sekitar pukul 05.00 sampai 06.00 WIB. Karena di pusar bayi masih menempel plasenta,” paparnya.(Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *