Pemkot Mulai Anggarkan Mobil Listrik

  • Bagikan
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi ketika menerima dummy kunci mobil listrik dari pihak swasta.(dok:ist)

Djonews.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang siap menganggarkan tiga unit mobil listrik di tahun 2023 mendatang. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Inpres Nomor 7/2022.

Pada Inpres tersebut, Presiden Jokowi meminta pejabat pemerintah mulai dari pusat hingga kabupaten/kota segera melakukan percepatan penggunaan kendaraan listrik di lingkungan kerjanya.

“Tahun ini sudah kita realisasikan kendaraan listrik yakni bus listrik. Nanti tahun 2023 mendatang akan kita anggarakan lagi,” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi kemarin.

Hendi begitu ia disapa menjelaskan, bus listrik milik Pemkot Semarang, dibeli dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Bus besar yang dibeli dari perusahaan asal Demak itu dibeli dengan harga Rp4,5 miliar termasuk untuk charger. Hendi mengaku akan menganggarkan tiga unit mobil listrik, diantaranya untuk kepala daerah dan kendaraan dinas.

“Ada tiga yang kita anggarkan. Dua untuk kepala daerah, satu untuk kendaraan patroli Dinas Perhubungan. Kemudian, jika pendapatan daerah semakin baik, targetnya semua kepala dinas akan menggunakan mobil listrik,” jelasnya.

Meski demikian, Hendi tidak menyebutkan secara pasti mobil listrik buatan mana yang akan didatangkan Pemkot Semarang untuk tahun depan. Hendi memastikan pengadaan mobil listrik ini akan disesuaikan dengan anggaran dan kemampuan Pemkot Semarang.

“Nanti akan disesuaikan dengan anggaran yang ada,” pungkasnya.(Haris Akbar Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *