Pengertian Ragam Hias Flora dan Fauna

  • Bagikan
Ragam Hias Flora Fauna

Djonews.com – Banyak sekali pengertian terkait motif ragam hias flora dan fauna. Namun pada dasarnya, ragam hias berasal dari sebuah kata Yunani yakni “ornane” yang berarti menghias.

Bahkan ada juga ragam hias disebut juga suatu motif bentuk dengan tujuan dan makna tertentu. Sehingga bisa menghasilkan pola pada ragam hias pada umumnya yang mempunyai pola serta kaidah tertentu di sebuah bidang tertentu.

Jenis ragam hias bermacam-macam dan beraneka ragam yang dapat digai menjadi 5 bagian yakni ragam hias geometris, flora, fauna, figurative, dan poligonal.

Lha, Berikut adalah penjelasan menegenai jenis ragam hias :

RAGAM HIAS GEOMETRIS

RAGAM HIAS GEOMETRIS

Ragam ini merupakan sebuah unsur mengenai garis, sudut, bidang dan ruang sehingga akan membentuk berupa garis lurus, melenkung, spiral serta zig-zag.

Ragam hias geometris dapat disebut juga sebagai ragam hias yang paling tertua, karena ragam hias geometris sudah berkembang sejak zaman dahulu.

Dinusantara sendiri terdapat beragam hias geometris, berikut adalah penjelasannya dan contoh ragam hias yang ada dinusantara.

Ceplokan

Ceplokan atau yang disebutnya dengan “ceplok”, yakni sebuat bulatan untuk hiasan. Motif ceplokan terdiri dari satu motif yang disusun secara berulang-ulang. Berikut adalah dari beberapa motif ceplokan seperti Ceplok cakra kusuma, Ceplok nogosari, Ceplok truntum, Ceplok supit urang

Kawung

Motif kawung atau dalam Bahasa sundanya yang dikenal denga kolang-kaling. Apabila diperhatikan motif kawung ini hampir mirip dengan buah aren atau buah kolang-kaling.

Pilin

Ragam hias pilin yang bentuknya mirip dengan huruf S. Selain bentuknya yang mirip dengan huruf S, terdapat juga bentuk dengan huruf SS atau yang sering disebutnya dengan pilin ganda.

Tumpal

Ragam hias tumpal dengan bentuk segitiga sama kaki, selain itu ragam hias tumpal sudah ada pada zaman prasejarah yang pada zaman itu melambangkan hal yang magis.

Swastika

Motif swastika merupaka motif yang memiliki simbol yang paling suci dalam agama Hindu. Selain itu motif swastika merupakan simbol yang dipercaya sebagai warisan sejarah budaya hindu.

Meander

Meander atau yang dikenal dengan “meandros”, yang berarti berkelok-kelok. Pada jenis ragam hias meander ini merupakan sebuah garis batasan yang terdiri atas garis yang saling berkaitan, dan tersusun dengan berulang-ulang.

RAGAM HIAS FLORA

RAGAM HIAS FLORA

Di dalam ragam ini, menggunakan bahan tumbuh-tumbuhan yang sebagai obyek motifnya. Namun, motif floral tersebut bisa dibuat dengan aslinya. Hanya, saja para seniman yang membuat bisa sesuai imajinasi sendiri.

Berikut ini kami berikan contoh ragam hias floral :

Pepatraan

Motif pepatraan dibuat sesuai dengan keindahan bentuk flora, yakni menyerupai bentuk dedaunan dan bunga-bunga indah lainya.

Kekaranagan

Ragam hias kekarangan merupakan suatu obyek yang dibuat mirip dengan aslinya. Selain bentuk yang mirip dengan aslinya.

Keketusan

Motif keketusan merupakan sebuah motif yang dibuat dengan cara meniru pada bagian-bagian dari suatu flora. Bagian flora yang biasa ditiru seperti bunga, sulur, dan daun.

RAGAM HIAS FAUNA

RAGAM HIAS FAUNA

Jenis ragam hias fauna merupakan sebuah bentuk fauna yang motifnya menyerupai hewan. Selain itu motif ragam hias fauna ini yang paling sering dijadikan sebagai obyek adalah seperti burung, singa, gajah, dan ikan.

Pada ragam hias fauna ini sering sekali dikombinasikan dengan motif bentuk flora, sehingga dengan demikian hasil yang di dapat bisa jadi lebih beragam. Nah, berikut adalah beberapa dari contoh ragam hias fauna:
Kekarangan

Kekarangan merupakan salah satu hasil dari ragam hias denga cara meniru dari bentuk fauna. Bentuk dasarnya yakni seperti fauna khayalan, bahkan terkadang juga lebih cenderung abstrak.

Motif Garuda

Menurut sejarah motif garuda merupakan suatu yang dianggap yang mempunyai kedudukan paling penting dalam pandangan masyarakat adat Jawa.

Motif Naga Asoq

Motif naga asoq merupakan sebuah motif tradisional yang berasal dari suku dayak Bahau Kalimantan. Motif naga asoq ini adalah sebuah motif kombinasi dari bentuk naga dan anjing.

RAGAM HIAS FIGURATIF

Motif Ragam Hias
RAGAM HIAS FIGURATIF

Untuk ragam ini, motif yang digunakan biasanya manusia yang menjadi obyeknya. Biasanya, seniman akan menirukan bentuk tubuh sesuai bentuk tubuh manusia

Dalam obyeknya terdapat 2 bentuk yakni 2 dimensi dan 3 dimensi sesuai dengan tujuan pembuatanya. Bentuk 2 dimensi seperti pada lukisan atau gambar yang menggunakan software tertentu.

Ada pun ragam hias figuratif modern dibuat dengan menggunakan software tertentu contoh seperti soffware Adobe Photoshop dan lainnya.

RAGAM HIAS POLIGONAL

Detail Ragam Hias Poligonal Perhiasan
RAGAM HIAS POLIGONAL

Ragam hias poligonal merupakan sebuah bentuk yang sifatnya mempersatukan dari beberapa motif atau dari beberapa pola menjadi satu bentuk.

Sehingga dengan begitu akan dapat terjalin hubungan rangkaian yang menyatu, selain itu ragam hias polygonal juga memiliki sudut dalam bentuk dasar atau yang sering disebutnya dengan convex. Biasanya untuk ragam hias ini digunakan oleh para arkeolok.

Pola ragam hias tersebut tampilanya memiliki pola yang teratur. Selain itu setiap Ragam hias nusantara juga memiliki pola-pola tersendiri misal seperti :

Pola Simetris

Pola ini memiliki bentuk dan motif yang sama, serta peletakannya seimbang antara sisi kanan dan kiri.

Pola Asimetris

Pola asimetris adalah motif yang polanya diletakan tidak sama antar sisi kanan dan kiri, namun tetap memiliki keindahan dari suatu komposisinya.

Pola tepi

Pola tepi biasanya di gunakan untuk tepi pada bagian bahan-bahan tertentu, selain itu pola tepi juga berupa sebuah pengulangan dari bentuk yang sebelumnya.

Pola Menyudut

Pola menyudut adalah sebuah pola yang bentuknya segi tiga dan mempunyai bentuk yang dapat menyesuaikan dengan bentuk ragam hias yang sudah ada.

Ciri Pola Menyusut

Ciri pola ragam hias menyudut dapat berdiri sendiri, dan polanya juga gabungan dari ragam hias lama dan baru.
Pola Beraturan dan Tidak Beraturan

Pola Beraturan: adalah sebuah pola pengulangan yang berasal dari bentuk yang sebelumnya menggunakan ukuran yang sama.

Pola Tidak Beraturan: adalah Pola ragam hias yang tidak beraturan seperti sebaran yang melalui beberapa motif yang tidak sama dan tidak seimbang.

Di atas ialah macam-macam pola ragam hias flora dan fauna yang sudah kami ringkas sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *