Perbanyak Ruang Terbuka Hijau Eks Wonderia Bakal di Rehab

  • Bagikan

Djonews.com, SEMARANG – Taman Rekreasi Wonderia pernah jadi tempat rekreasi terbesar di Kota Semarang. Tempat wisata dengan belasan wahana permainan itu dibuka dan diresmikan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2007.

Taman Rekreasi Wonderia menempati lahan seluas 3 hektar yang merupakan aset Pemkot Semarang. Tempat tersebut terpaksa tutup pada 2017 silam, usai insiden kecelakaan yang menelan korban jiwa.

Kini, eks Wonderia tak lagi jadi tempat rekreasi masyarakat. Bekas taman rekreasi itu hanya menyisakan gerbang masuk dengan kondisi yang mulai termakan usia.

Kepala Disperkim Kota Semarang, Ali mengatakan pada 2021 pasca tempat rekreasi itu tutup, ada pihak yang berminat dalam hal pembangunan eks Wonderia. Minat tersebut datang dari pihak swasta dan berlanjut dengan digelarnya pertemuan bersama Pemkot Semarang

“Memang ada pihak swasta yang berminat untuk mengembangkan lagi bahkan sudah bertemu kami, Tapi pertemuan tersebut tidak berlanjut sampai sekarang,” katanya, Selasa (6/12/2022).

Ia menjelaskan, Pemkot Semarang masih mencari pihak yang mau bekerjasama untuk pengembangan aset tersebut. Meski demikian, aset milik Pemkot Semarang itu bakal jadi pendukung Simpang Lima Sriwijaya yang tengah dibangun.

“Sampai sekarang belum ada yang berminat lagi untuk pengembangan eks Wonderia,” tuturnya.

Terkait  eks Wonderia, Plt Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu, mengungkapkan, lokasi tersebut dilirik oleh Kementerian PUPR beberapa waktu lalu.

“Kemungkinan eks Wonderia akan ditata menjadi hutan kota oleh Kementerian PUPR untuk menambah luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Semarang. Namun tindak lanjutnya, kami masih menunggu pembahasan bersama pemerintah pusat,” tambahnya.(Putra Janoko)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *