Permudah Akses, Pemkot Semarang Buka Pelayanan Pada Akhir Pekan

  • Bagikan
Pemkot Semarang terus melakukan perbaikan dalam pelayanan dengan membuka layanan malam hari pada hari Sabtu. (dok: ist)

Djonews.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melakukan peningkatan pelayanan untuk warga masyarakat di Kota Semarang. Yakni dengan mengadakan pelayanan pada akhir pekan serta malam hari di 16 kecamatan di Kota Semarang.

WaliKota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan dalam inovasinya, pelayanan tersebut dipergunakan untuk mempercepat kebutuhan masyarakat serta merespon keluhan masyarakat yang tidak bisa mengakses layanan kependudukan.

“Dari Senin sampai Jum’at jadwal kerjanya padat dan tidak bisa ditinggal. Hanya bisa mengurus hal-hal administratif di hari libur. Padahal kalau hari libur ya pelayanan umumnya ikut libur, maka kita carikan solusi,” katanya, Selasa (14/6/2022).

Dalam menjalankan sebuah program tersebut terkadang masih belum maksimalkan dikarenakan masih ada yang kurang berpartisipasi. Padahal sebenarnya masyarakat antusias dan mendukung.

“Seperti mengurus KTP, KK, akta, membayar PBB, sampai konsultasi UMKM dan perizinan. Itu semua bukan hal yang sepele. Kalau masyarakat memang tidak sempat ya kitalah pemerintah yang harus mencari solusinya,” imbuhnya.

Perlu diketahui, bagi warga masyarakat Kota Semarang jika ingin melakukan pengurusan data kependudukan disediakan setiap bulan pada hari Sabtu di minggu pertama mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pelayanan malam hari mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Adapun daftar dinas yang membuka pelayanan di antaranya adalah pelayanan administrasi Kelurahan dan Kecamatan, Pembayaran PBB di masing-masing Kecamatan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Badan Pendapatan Daerah, pelayanan klinik pajak daerah di masing-masing pos wilayah, pelayanan klinik pajak oleh Bappeda.

Selanjutnya vaksin hewan oleh Dinas Pertanian, pelayanan Samsat, Layanan Donor Darah oleh PMI Kota Semarang, DPMPTSP yang melaksanakan pelayanan di Kantor BalaiKota Semarang, serta Pusat Informasi Publik (PIP).

Jadwal terdekat Program pelayanan akhir pekan dan Malam Hari putaran selanjutnya akan diadakan pada tanggal 2 Juli 2022.(Eko Sujatno)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *