Pernah Temani SYL, Kapolrestabes Semarang Bantah Berikan Uang

  • Bagikan
Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar

Berita.Djonews.com, SEMARANG – Terkait kasus mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).  Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar buka suara. Ia mengatakan jika pemeriksaan terhadap dirinya sebenarnya sudah dilakukan di awal bulan Agustus 2023 lalu. Saat itu ia diperiksa dalam tahap penyelidikan.

“Pemeriksaan terhadap saya sudah dilakukan pada tahap penyelidikan kemarin, dilaksanakan di awal-awal agustus 2023,” ujarnya kepada awak media di Kota Semarang, Selasa (10/10/2023).

Jika kasus itu terus berlanjut. Pihaknya mengaku akan diperiksa kembali.

Lebih lanjut, Irwan mengakui jika memang ada pertemuan antara Ketua KPK, Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Ia mengatakan juga menemani SYL untuk bertemu dengan Firli.

Pertemuan itu diakui dalam rangka membuat kesepakatan dalam mencegah Tindak Pidana Korupsi. Untuk hal-hal yang terjadi seterusnya, Irwan mengaku juga tidak tahu.

“Pernah ada di tahun 2021 kira-kira di bulan Februari itu saya diminta menemani pak SYL untuk menemui pak Firli dalam rangka membangun atau membuat MOU kerjasama pencegahan tindak pidana korupsi atau pendampingan di Kementan dalam hal ini pencegahan korupsi. Itu saja yang saya tahu,” paparnya.

Irwan juga membantah jika ada penyerahan uang yang seperti saat ini informasi beredar.

“Penyerahan uang itu tidak betul, saya tidak pernah merasa. Kan seperti yang saya sampaikan tadi saya sudah dimintai keterangan dalam tahap penyelidikan sekarang kan sudah masuk tahap penyidikan tentu saya akan dimintai keterangan,” bebernya.

Disisi lain, Irwan menjelaskan jika hubungannya dengan Firli adalah mantan atasan di kepolisian. Sedangkan hubungan dengan SYL adalah kerabat keluarga.

“Pak Firli adalah atasan langsung saya ketika saya menjabat Direktur Kriminal Umum di Polda Nusa Tenggara Barat kira-kira tahun 2017. Kemudian pak Menyan adalah paman saya kebetulan bersaudara dengan mertua perempuan saya,” tuturnya.(HAT)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *