Polda Jateng Terjunkan Sniper Guna Pengamanan Nataru 2024

  • Bagikan
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi ketika memimpin apel di Simpang Lima, Kota Semarang, Jumat (22/12/2023).dok. ist.

Berita.Djonews.com, SEMARANG –  Apel Pasukan Operasi Lilin Candi 2023 di lakukan di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang pada Jumat (22/12/2023). Dalam apel tersebut sebanyak 15 ribu personel gabungan turut mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Tak hanya itu saja, Polda Jateng pun turut menyiapkan personel penembak jitu atau sniper.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengungkapkan  untuk keamanan sudah ada tim penegakan hukum (gakum) baik dari derktorat kriminal khusus maupun kriminal umum.

“Tim gakum terkait operasi Nataru sudah terbentuk. Bahkan mereka kita siapin striking fost untuk memberikan efek jera dengan sniper yang ada, minimal untuk memberikan efek jera,” ujarnya

Lebih lanjut Luthfi menuturkan, kejahatan di akhir tahun ini rawan terjadi karena seiring kebutuhan masyarakat yang meningkat.

“Karena kebutuhan meningkat yang biasanya tidak maling jadi maling dan ini kita siapkan dengan penegakan hukum yang tegas,” imbuhnya.

Luthfi juga menegaskan larangan petasan untuk perayaan tahun baru. Kalaupun ada pihak yang hendak menyalakan kembang api untuk tanda pergantian tahun, harus mengajukan izin ke kepolisian.

“Petasan tetap kita ada himbauan. Petasan terkait dengan petasan kemudian handak yang diperjualbelikan, Direktroat Intelejen sudah melakukan pemantauan agar tidak dilakukan pesta kembang api, harus ada izin dari kita,” jelas Luthfi.

Dalam kegiatan Operasi Lilin Candi 2023, personel gabungan yang dikerahkan sejumlah 15.250 orang. Ada 278 pos yang disiagakan di Jateng.

“Ini untuk memberikan jaminan dalam rangka masyarakat kita yang melakukan mudik maupun balik serta pengamanan ibadah Natal,” tandasnya.( PJK)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *