Resmi Dilantik ! 24 Kades di Minta Jaga Kondusifitas

  • Bagikan

Djonews.com, KABUPATEN SEMARANG –  Secara resmi 24 Kepala Desa (Kades) dari hasil  pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 30 Oktober 2022 lalu telah dilantik oleh Bupati Semarang, Ngesti Nugraha di Rumah Dinas Bupati, Selasa (6/12/2022).

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan agar pada Kepala Desa untuk terus menjalankan kondusifitas pasca Pilkades yang sempat memanas dibeberapa wilayah.

 “Pesan kami untuk merangkul semua pihak. BPD, yang kemarin menjadi rival, tokoh agama, perangkat desa, itu dirangkul semuanya supaya kondisinya jadi kondusif, kalau sudah kondusif nantinya bersama-sama untuk memikirkan kemajuan yang ada di desa masing-masing,” jelas Bupati, Selasa (6/12/2022).

Bupati menjelaskan karena tahun anggaran 2022 masih berjalan sekitar tiga pekan lagi, kepala desa baru diminta untuk tetap melanjutkan apa yang sudah direncanakan sebelumnya.

Sementara untuk penyusunan RABPDes 2023 harus dilakukan sesuai peraturan yang berlaku yakni pada tahun 2023 nanti akan dilaksanakan transaksi non tunai jadi Kepala desa dan perangkat desa harus mengikuti perkembangan perubahan aturan.

Selain itu, terkait program pengurangan stunting juga harus dilakukan. Saat ini di Kabupaten Semarang ada 3.284 anak yang mengalami stunting. by name by address (BNBA) sudah ada datanya di pemerintah desa.

“Kemiskinan juga harus kita treatment bersama- sama agar Kemiskinan semakin turun. Pengangguran juga sama koordinasi antara pemerintah daerah dan kepala desa,” jelas dia.

Bupati menyebut bantuan desa di kabupaten Semarang ada bantuan dari provinsi, RTLH, bantuan dari pusat. Termasuk bantuan dari pihak yang lain..

“Ini untuk saling berkonsultasi sambil minum kopi itu nanti diskusi Kaitannya dengan pengelolaan APBDes,”kata Bupati.

Ngesti membeberkan pada 2023 nanti mulai Januari pihaknya akan menyerahkan 20 pasar untuk dikelola desa.

“Itu harus dikelola secara profesional bersama BUMDes aturan juga harus disiapkan. Agar nanti untuk mempercepat memajukan ekonomi masyarakat desa,” tandas Bupati.(Fauzi Rohmat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *