Rp 1,1 Triliun, Untuk Pengembangan Kawasan Jatidiri

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan kawasan Jatidiri, Selasa (20/6/2023).(Dok: ist)

Berita.Djonews.com, SEMARANG –Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mulai membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jawa Tengah tahun 2023 sekaligus meresmikan Kawasan Olahraga Jatidiri, pada Selasa (20/6/2023) kemarin. Ganjar Pranowo berpesan agar para atlet menunjukan kemampuan mereka secara maksimal.

“Atletnya sudah bersemangat. Ada ratusan kontingen yang datang tadi, luar biasa. Tentu semangatnya hebat-hebat,” kata Ganjar Pranowo saat membuka Popda Jateng 2023 di Kawasan Olahraga Jatidiri, Kota Semarang.

Ganjar kemudian bercerita bahwa hingga Selasa ia mencatat ada dua peristiwa olahraga Indonesia. Pertama, adalah Timnas Sepak Bola Indonesia yang mampu memberikan perlawanan terhadap juara dunia Argentina.

Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada Senin 19 Juni 2023 malam itu Indonesia memang kalah 0-2 dari Argentina. Tetapi mental dan semangat para pemain patut untuk dicontoh.

“Semangat kita top sehingga kita bisa tunjukkan kualitas atlet kita hebat. Lalu tadi pagi saya menerima kabar dari Berlin, atlet SOIna kita pecah telur setelah Putri Nur Azizah mendapatkan emas dari cabor senam. Merah Putih berkibar di Berlin,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, dua peristiwa itu menunjukkan bagaimana semangat dan mental para atlet tanah air mampu bersaing di kancah dunia.

Oleh karena itu, ia ingin para atlet Popda Jateng 2023 yang merupakan generasi Z untuk bisa mencatatkan prestasinya di ajang ini hingga nanti berlanjut sampai tingkat dunia.

“Pertama, kita menyiapkan atlet-atlet muda kita, para pelajar yang mengikuti Popda ini. Mudah-mudahan ini juga bagian dari proses untuk melihat prestasi mereka dengan mengadakan pertandingan ini,” katanya usai pembukaan.

Popda Jateng 2023 diikuti kontingen dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Total atlet yang mengikuti ajang ini sebanyak 3.298 orang, dengan jumlah pelatih 947 orang. Mereka akan bertanding pada 25 cabang olahraga untuk memperebutkan 242 emas, 242 perak, 361 perunggu. Para atlet juga akan tercatat dalam sistem informasi atlet Jawa Tengah.

“Tentu saja saya minta pelatih untuk nyatetin mereka. Mana anak-anak kita yang punya bakat olahraga, kota dorong mereka untuk makin berprestasi dan mudah-mudahan Popda ini menjadi ajang pertunjukan prestasi di antara mereka, sehingga ini bibit-bibit hebat yang kita siapkan untuk menjadi atlet nasional dan dunia,” jelas Ganjar.(Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *