Sapi Milik Peternak Ungaran Diliirik Presiden

  • Bagikan
Suhari tunjukkan sapi miliknya yang dilirik oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (21/6/2023) .(Dok: Prasetyo Adi)

Berita.Djonews.com, KABUPATEN SEMARANG – Perayaan Idul Adha merupakan moment yang ditunggu oleh  para peternak. Salah satunya peternak sapi Suhari yang berada di Desa Kawengen, Kabupaten Semarang.

Dirinya merasa beruntung sebab, dua ekor sapi miliknya menjadi sapi incaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai hewan kurban pada tahun ini.

Suhari menjelaskan semula ia telah menerima telepon dari salah seorang sekretaris presiden sejak satu bulan lalu. Melalui sambungan telepon itu sekretaris presiden menawar sapi miliknya, yakni satu ekor sapi persilangan simenal-PFH (sapi perah) dengan berat 685 kilogram (kg) dan sapi jenis limosin dengan berat mencapai 700 kg.

“Sapi saya memang ditawar dari sekpres [sekretaris presiden] melalui telepon. Hari ini rencana ke sini untuk penetapan harga dan lain-lainnya,” katanya, Rabu (21/6/2023).

Usai ditawar oleh pihak kepresidenan, dinas peternakan langsung melakukan pemeriksaan dan hasilnya sapi dalam kondisi sehat. Dirinya mengaku jika belum ada kepastian sapinya bakal dibeli Presiden Jokowi.

“Kalau harga memang belum deal, tapi saya tetap senang. Sapi saya diminati Presiden,” sambungnya.

Spi kurban tersebut nantinya akan didistribusikan untuk disembelih atau dikurbankan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muayyad dan Masjid Tegalsari, Laweyan, Solo.

Untuk menjaga sapi tetap sehat sampai pengiriman, Suhari melakukan perawatan khusus. Salah satunya dengan tidak mengizinkan sembarang orang masuk ke kandang sapi miliknya.

“Sapi yang jenis besar ini kan cukup rawan. Kalau terkena PMK misalnya, pasti langsung ambruk. Tidak mau berdiri lagi, karena bobotnya yang berat,” ujarnya.(Prasetyo Adi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *