Sedakah Laut Jadi Agenda Rutin Tahunan

  • Bagikan
Warga Bandengan menggelar hajatan sedakah laut, Sabtu (16/9/2023).(Dok: Eko Sujatno)

Berita.Djonews.com, KENDAL – Warga Kelurahan Bandengan, Kabupaten Kendal menggelar sedekah laut dengan diiringi doa para nelayan agar ke depan bisa mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah dan selamat selama melaut.

Dalam sedekah laut kali ini tidak semeriah tahun sebelumnya yang digelar di tengah masa paceklik, kendati begitu tak mengurangi arti dari kegiatan sedekah laut. Bahkan warga secara mandiri ikut menghadirkan aneka hiburan baik di karnaval budaya maupun aneka hiburan lainnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal Hudi Sambodo mengatakan agenda sedekah laut menjadi agenda tahunan sehingga bisa menjadi tujuan pariwisata budaya.

 “Ini adalah gawe besar nelayan dengan harapan menjadi berkah bagi para nelayan dan menjadi tangkapan yang baik dan banyak sehingga nelayan menjadi sejahtera,” ujar Hudi, Sabtu (16/9/2023).

Sementara itu Ketua HNSI Kabupaten Kendal, Triono, berpesan agar acara sedekah laut bisa terus diselenggarakan karena adanya kerja sama antar nelayan. Tak lupa, Triono juga meminta agar nelayan kembali meramaikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) agar kedepan bisa menggelar sedekah laut yang lebih meriah.

“Kami berharap untuk pendapatan nelayan yang lebih baik kami minta nelayan kembali menjual ikan si TPI, kalau nggak kita yang menghidupkan siapa lagi,” ujar Triono. (Eko Sujatno)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *