Sempat di Copoti, Baliho Partai Muncul Lagi di Jalan Protokol Kendal

  • Bagikan
Baliho APK yang terpasang lagi di sepanjang jalan protokol Kota Kendal, Rabu (27/12/2023).

Berita.Djonews.com, KENDAL  –  Beberapa waktu lalu, Bawaslu Kabupaten Kendal sempat melakukan penindakan penertiban alat peraga kampanye (APK) di sepanjang jalan protokol Kota Kendal, Sabtu (16/12/2023) lalu, namun kini sudah mulai terpasang lagi APK sejenis dengan gambar berbeda di beberapa titik di jalan protokol Kendal.

Nampak, sejumlah APK ini memasang capres dan cawapres di pertigaan depan GOR Kendal menghadap ke timur, kemudian baliho calegdi dekat kantor PLN Kendal menghadap ke barat.

Merespon hal tersebut, Ketua Bawaslu Kendal, Hevy Indah Oktaria mengungkapkan pihaknya saat ini sudah melakukan monitoring dengan adanya laporan tersebut.

 “Untuk yang terpasang sekarang, nanti prosedurnya sama seperti yang kemarin. Yaitu Bawaslu akan memberikan rekomendasi kepada KPU, supaya menyampaikan kepada parpol atau tim kampanye untuk menurunkan. Jika dalam jangka waktu yang ditentukan KPU belum menurunkan, maka akan dilakukan penertiban,” tandas Hevy, Rabu (27/12/2023).

Perlu diketahui jika Surat Edaran (SE) dari Sekda Kendal dan Keputusan KPU Kendal yang melarang jalan protokol untuk dipasang APK.

Sementara itu, Sekda Kendal, Sugiono saat dikonfirmasi terkait SE tersebut, menjelaskan, di dalam peraturan perundang-undangan jalan protokol dilarang untuk pemasangan baliho. Kecuali, di tempat iklan.

“Ya karena di jalan protokol itu kan ada space reklame iklan kan milik penyewa. Mereka kan bayar sewa untuk iklan. Kalau terkait APK, nanti akan kita kaji ulang seperti apa dan kita diskusikan dengan pihak Bawaslu dan KPU seperti apa. Karena itu kan yang punya tempat (space reklame) dia berizin dan dia menyewa,” jelasnya.(EJO)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *