Sepada Listrik Ungu Ganggu Estetika Kota Semarang

  • Bagikan

Djonews.com, SEMARANG – Sepeda listrik yang berwarna ungu (Beam) beberapa waktu terakhir memenuhi ruas protokol ibu kota Jawa Tengah menimbulkan polemik baru. Sebab, ratusan sepeda tersebut terkadang ditinggal begitu saja di jalanan atau di trotoar dan tidak dikembalikan ke lokasi semula.

Kondisi tersebut sebenarnya merusak estetika kota, bahkan acapkali membahayakan pengguna jalan lain yang melintas. Regulasi parkir dan penggunaan sepeda listrik di sejumlah jalan protokol pun disentil oleh DPRD Kota Semarang.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Wahyoe Liluk Winarto mengatakan, penggunaan dan penempatan sepeda listrik harus dikelola lebih baik. Ia melihat keberadaan sepeda listrik dengan sistem sewa di Kota Semarang terkesan semrawut.

“Aturan dari Dishub Kota Semarang sudah ada, jadi harus ditegakkan. Pihak yang menyewakan juga wajib memberi edukasi ke masyarakat,” tuturnya, Selasa (13/12/2022).

Menurutnya, pihak Dishub Kota Semarang wajib memberikan himbauan terkait penggunaan sepeda listrik. Tak ayal si penyewa sepada meninggalkan sepeda listrik di lokasi yang padat.

“Kalau kondisinya seperti sekarang kesannya dibiarkan. Baik dinas atau pihak yang menyewakan sepeda listrik kami minta melakukan tindak lanjut jika ada pelanggaran,” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dishub Kota Semarang Endro P Martanto mengungkapkan jika sepeda listrik yang ada di ruas protokol Kota Semarang merupakan layanan transportasi atas kerjasama Mou dengan Pemkot Semarang.

“Dalam MoU itu sudah ada poin mengenai larangan parkir, yakni larangan parkir di trotoar. Tempat yang diperbolehkan adalah lokasi ranah privat,” jelasnya.

Endro menambahkan, jika ditemukan pelanggaran, maka Dishub akan memberikan teguran kepada penyewa maupun yang menyewakan.

“Sembari berjalan akan kami lakukan evaluasi mengenai aturan penggunaan dan penataan sepeda listrik di Kota Semarang,” tambahnya.(Putra Janoko)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *