Stok Minyakita Langka, Ganjar Lakukan Sidak

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ketika sidak di Pasar Dargo. Kota Semarang, Jumat (10/02/2023).(Dok: Putra Janoko)

Djonews.com, SEMARANG – Ramainya kelangkaan Minyakita serta naiknya harga beras di sejumlah daerah membuat orang nomor satu di Jawa Tengah melakukan survey ke pasar di Kota Semarang.

Dari semua pasar yang Dia datangi, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hampir tidak dapat menemukan stok minyak bersubsidi, Minyakita.

Sambil olahraga sepeda pagi, Ganjar mendatangi lima pasar di Kota Semarang. Antara lain, Pasar Wonodri, Pasar Peterongan, Pasar Langgar, Pasar Dargo, dan Pasar Johar Kanjengan.

Di setiap pasar, Ganjar menyapa dan berbincang dengan sejumlah pedagang. Kepada Gubernur Jateng dua periode, para pedagang pasar mengatakan bahwa stok beras dan minyak goreng secara umum aman.

“Beras sama minyaknya gimana, harganya naik semua? Minyakita ada stoknya?,” ucapnya

Pertanyaan tersebut disampaikan Ganjar ketika bertemu pedagang. Sebagian besar pedagang di pasar menyebutkan harga dua komoditas tersebut naik.

Ia mencontohkan, misalnya harga minyak dari yang semula di harga kisaran Rp15.000 per liter, kini naik menjadi Rp 16.500 per liter.

Bahkan, sejumlah pedagan di pasar mengaku minyak goreng subsidi sudah lama tidak ada.

“Kalau Minyakita sudah lama nggak ada pak. Adanya ya yang kemasan sama curah,” ujar pedagang sembako di Pasar Langgar.

Di Pasar Dargo, Ganjar mendatangi penjual beras. Menurut sang penjual, harga beras mengalami kenaikan signifikan dalam sebulan terakhir.

“Saya ini stoknya nggak banyak pak. Biasanya  paling sepuluh sak. Naik terus harganya, kadang Rp 100, kadang Rp 200. Ya kalau saya kan maunya nggak naik,” ujar penjual beras di Jalan Dargo.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan pengecekan seperti ini penting dilakukan. Selain untuk memantau stok, Ganjar juga berupaya menghimpun informasi tentang kenaikan harga di dua komoditas yang jadi faktor inflasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *