Tahun Ajaran Baru Mulai di Berlakukan

  • Bagikan
Masa pengenalan lingkungan sekolah di SMP Negeri 3 Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (11/7/2022).(dok: Prasetyo)

Djonews.com, KABUPATEN SEMARANG  –  Mengawali tahun ajaran 2022/2023 Dinas Pendidikan Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang kembali memberlakukan proses pembelajaran tatap muka (PTM) penuh di Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Sehingga seluruh kegiatan belajar siswa serta layanan pendidikan di sekolah pada umumnya kembali diberlakukan jam belajar penuh, seperti halnya layanan pendidikan sebelum masa pandemi Covid-19.

“Setelah dua tahun pandemi dan layanan pendidika di sekolah dilaksanakan daring dan luring terbatas, kini kita kembalikan penuh,” ungkap Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang, Sukaton Purtomo, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (11/7/2022).

Menurut Sukaton, untuk peserta didik –mulai dari kelas IV SD sampai dengan kelas IX (SMP)—mulai hari ini sudah memaksimalkan jam pelajaran sekolah dengan menggunakan 40 menit tiap jam pelajaran.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) terbaru memang sudah memperbolehkan sekolah menggunakan 30 menit atau bahkan 40 menit untuk satu jam  pelajaran.

Sehingga mulai kelas IV SD hingga Kelas IX di Kabupaten Semarang mukai menggunakan 40 menit untuk tiap jam pelajaran. “Sehingga para peserta didik tersebut akan sekolah dengan jam pelajaran normal, masuk Pukul 07.00 WIB dan pukang pukul 13.30 WIB selama sepekan,” jelasnya.

Selain mulai menerapkan kembali jadwal sekolah normal –seperti sebelum pandemi– Disdikbudpora Kabupaten Semarang juga mulai menggunakan kurikulum baru, yakni kurikulum merdeka.

Pemberlakuan ini sesuai dengan kesepakatan antara semua guru dan kepala sekolah baik SD maupun SMP. “Di Kabupaten Semarang total ada 455 SD dan 52 SMP yang memberlakukan kurikulum merdeka,” tambahnya.

Karena untuk sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2013 wajib membuat penyesuaian dengan kurikulum yang terbaru. Sehingga di tahun ajaran baru ini para siswa juga akan mengikuti perubahan kurikulum ini.(Fauzi Rohmat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

adplus-dvertising