Tak Hanya Harga Hewan Kurban, Harga Ayam dan Telur Ayam Turut Naik

  • Bagikan
Tari, salah satu pedagang di Pasar Kembangsari, Tengaran, Kabupaten Semarang, Selasa (20/6/2023).(Dok: ist)

Berita.Djonews.com, KABUPATEN SEMARANGMenjelang perayaan Idul Adha 2023, harga komoditas pokok seperti ayam dan telur ayam ras di Kabupaten Semarang mengalami kenaikkan.

Bahkan, pedagang sayur keliling di wilayah Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang harga daging ayam mencapai Rp 40.000 per kilogram. Sedangkan harga daging ayam fillet (tanpa tulang) menembus Rp 47.000 per kilogram.

Selain harga ayam, kenaikkan juga terjadi di telur ayam ras yang mencapai Rp29.000 per kilogram. Di warung kelontong, harganya berkisar Rp30.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang keliling, Bambang menyebut pergantian harga daging ayam dan telur terjadi sejak pekan lalu. Sebelumnya, harga daging ayam berkisar Rp 34.0000 per kilogram.

“Mendekati Idul Adha, harga daging ayam dan telur (ayam) naik. Sekarang saya jual Rp 40.000 per kg, Kalau harga kulakan naik, otomatis saya juga menaikkan harga jual. Tapi saya tidak berani ambil untung banyak,” imbuhnya, Senin (20/6/2023).

Sementara itu dari pantauan lokasi di Pasar Kembangsari Tengaran terpantau sejak awal kenaikkan harga ayam dipicu oleh harga pakan yang tinggi.  Sedangkan, selain itu kenaikkan harga daging ayam juga dipengaruhi oleh adanya peningkatan konsumen pada momen menjelang hari raya Idul Adha.

“Menjelang Idul Adha, banyak warga yang punya hajat mulai dari sunatan hingga pernikahan. Mayoritas jamuannya, menunya masakan olahan daging ayam sehingga terjadi peningkatan permintaan konsumen,” kata Tari.(Fauzi Rohmat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *