Tingkat Kesadaran Rendah, Buang Sampah Masih Sembarangan

  • Bagikan
Potret kesadaran buang sampah sembarang masih kurang sehingga mengganggu kenyamanan warga sekitar yang melintas, Selasa (10/01/2023).(Dok: Eko Sujatno)

Djonews.com, KENDAL –  Tingkat kesadaran warga untuk buang sampah pada tempatnya masih tergolong rendah. Nampak masih banyaknya tumpukkan sampah yang berada di pinggiran jalan Desa Nawangsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, hingga menyebabkan bau menyengat.

Kepala Desa Nawangsari, Ainurrokhim mengaku dirinya telah menerima banyak aduan dari warga di sekitar lingkungan tersebut karena ketidaknyamanannya.

 “Saya juga sudah dapat aduan dari warga dan sudah kroscek ke lapangan. Selanjutnya kami akan rapatkan dengan teman-teman perangkat dan BPD,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Plt Camat Weleri, Moh Fatkhurahman, mengungkapkan sangat prihatin dengan perilaku masyarakat tersebut karena menurutnya masalah sampah menjadi tanggung jawan bersama.

 “Ini dari perilaku masyarakat yang kurang kesadarannya dalam membuang sampah. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Weleri. Di satu sisi sarprasnya kurang,” katanya, Selasa (10/01/2023).

Ia menambahkan jika di beberapa desa di Kecamatan Weleri telah mengelola sampah melalui BumDes. Namun, jika masyarakat masih membuang sampah sembarangan kedepannya akan menimbulkan permasalahan baru.

 “Beberapa desa sudah jalan bagus, seperti Desa Bumiayu. Tapi, perilaku masyarakat yang masih kurang kesadarannya kadang sambil berangkat kerja bawa sampah dibuang sembarangan,” ungkapnya.(Eko Sujatno)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *