Udinus Mulai Adakan Perkuliahan Tatap Muka

  • Bagikan
Mahasiswa Udinus mendapatkan pengarah dari Dosen pengajarnya dalam PTM, Senin (13/6/2022) (dok: ist)

Djonews.com, SEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang resmi gelar Perkuliahan Tatap Muka (PTM) bagi seluruh Program Studi (Prodi). PTM tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. PTM ini disambut euforia oleh para mahasiswa dari berbagai prodi di Udinus.

PTM yang diselenggarakan sesuai dengan surat edaran dari Wakil Rektor I BIdang Akademik Udinus. Keputusan tersebut tertuang dalam surat No. 288/B.21/UDN-01/IV/2022 yang berisi tentang Edaran Pelaksanaan PTM serta Ujian Akhir Semester (UAS) Genap 2021/2022. Usai dua tahun mengikuti kegiatan belajar secara daring, sebentar lagi semua mahasiswa akan melakukan pertemuan ke 13 dan 14 secara luring hingga Sabtu, 2 Juli 2022.

Selain itu, sebagai upaya mendukung PTM dengan aman dan tentunya prokes secara ketat, Udinus bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) akan melakukan vaksin booster yang dilaksanakan pada Kamis, 16 Juni 2022 di kampus dengan akreditasi Unggul itu.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., menegaskan surat tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil dari rapat koordinasi bersama Pimpinan, Tim PTM serta Satgas Covid Udinus. Ujarnya, keputusan itu juga sesuai dengan arahan dari LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah yang sudah mengizinkan kegiatan PTM secara penuh.

“Meski begitu, semua ketentuan PTM sesuai dengan kebijakan dari setiap fakultas. Nantinya setiap fakultas akan memberi informasi seputar mata kuliah mana saja yang akan dilakukan secara PTM,” jelasnya.

Prof. Supriadi juga menyampaikan untuk seluruh mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan PTM wajib melakukan vaksin lengkap. Menanggapi adanya PTM itu, Udinus juga menyediakan dosis vaksin booster untuk mahasiswa dan juga masyarakat umum di Kota Semarang.

“Langkah ini kami ambil supaya seluruh kegiatan PTM dapat berjalan dengan aman, harapannya vaksin booster dapat disebarkan secara merata untuk seluruh mahasiswa Udinus. Kami tegaskan mahasiswa harus taat prokes,” tambahnya.

Antusiasme mahasiswa terhadap PTM luar biasa. Terlihat banyak kelas yang terlihat penuh dan mahasiswa mendengarkan pengajaran dari para dosen. Hal itu sesuai yang diutarakan oleh salah satu mahasiswa yang ditemui dari Ilmu Komunikasi angkatan 2021, Wulandari Febriani.
Ia mengaku senang telah dimulainya PTM secara serentak. Selain dapat bertemu dengan dan mengenal teman seangkatan, ia juga dapat mendapatkan ilmu secara penuh dari para dosen. Menurutnya, perkuliahan secara luring lebih baik dibandingkan daring.

“Kalau kuliah daring itu kurang dapat memahami ilmu secara efektif yang diberikan dosen. Saya senang PTM di Udinus sudah dimulai lagi, akhirnya bisa merasakan suasana perkuliahan secara langsung,” ungkapnya.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *