Warga Keluhkan Polusi Udara dari Pabrik

  • Bagikan
Warga menunjukkan asal polusi udari dari pabrik, Kamis (6/7/2023).(Dok: ist)

Berita.Djonews.com, SEMARANG – Warga yang berada di perumahan Pratama Green Residence, Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang mengeluh sesak napas. Warga yang mengeluhkan adanya polusi udara dari sebuah pabrik di dekat permukiman warga.

Lurah Kedungpane Tri Sari Utami menyebut jika warga sudah melaporkan terkait pencemaran udara yang berasal dari pabrik PT Focon Intelite di Kawasan Industri Candi Semarang.

“Terdapat beberapa keluhan seperti polusi udara, suara getaran, bau menyengat dan debu bertebaran yang dirasakan oleh warga,” sebutnya, Kamis (6/7/2023).

Pihaknya menambahkan warga juga sudah melakukan mediasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang. Bahkan dalam pertemuan antara warga dan PT Focon Intelite juga sudah pernah dilakukan tidak menemui titik terang.

“Kita sudah mencatat keluhan warga dan sudah dipertemukan namun belum ada solusi diantara kedua belah pihak,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu warga RT 06 RW 05 Kedungpane perumahan Pratama Green Residence, Bambang mengaku menjadi korban dari ganasnya limbah udara yang dihasilkan dari pabrik tersebut.

“Yang paling rentan menjadi korban pencemaran udara ini manula dan anak-anak. Saya salah satunya, harus bolak-balik ke rumah sakit untuk berobat karena mempunyai permasalahan di pernafasan ” kata dia.

Hal yang sama dikatakan Nur Hanif, warga perumahan Pratama Green Residence yang lain. Pabrik yang mengeluarkan polusi itu sering mengeluarkan asap hitam pekat.

“Jenengan lihat sendiri ya tadi ada asap hitam pekat,” kata Hanif.

 Untuk itu, dia meminta agar pabrik tersebut menghentikan produksinya dan dijauhkan dari permukiman warga. Menurutnya, harus ada batas-batas tertentu antara pabrik dan permukiman warga. (Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *