Warga Surodadi Demak Pilih Mantan Preman Jadi Kades

  • Bagikan

Djonews.com, DEMAK –. Cerita preman pensiun yang berubah menjadi orang baik tak hanya ada di sinetron atau layar kaca. Di Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, kisah ini bahkan mengantar mantan preman bernama Supriyanto alias Agus Boang menjadi kepala desa.

Pria kelahiran 29 Desember 1977 ini memang dikenal warga sebagai sosok yang suka berkelahi. Ditemui di rumahnya, Supriyanto menceritakan perjalanan hidupnya hingga memenangkan pilkades dan dilantik sebagai kades Surodadi, hari ini, Rabu (2/11/2022).

Supriyanto mengaku tidak pernah berpikir akan menjadi pemimpin Surodadi. Apalagi, dia lahir dari keluarga kurang mampu dengan lima saudara. Bahkan, Supriyanto hanya mampu mengenyam pendidikan formal SD.

“Tak menyangka, di benak saya dari kecil pun tak pernah berpikir bakalan jadi kepala desa,” kata Supriyanto, Selasa (1/11/2022).

“Karena, orang tua tidak memiliki biaya cukup, saya hanya SD, tapi waktu saya SD, dapat juara kelas terus,” ujarnya.

Faktor biaya membuat Supriyanto kecil sempat menangis saat tak bisa melanjutkan pendidikan seperti teman-teman.

“Nangis terus, minta orangtua, pingin sekolah, pada saat itu kan belum ada sekolah gratis seperti sekarang,” jelasnya.

Lantaran orangtua benar-benar tak sanggup membiayai sekolah, Supriyanto kemudian mencari pekerjaan serabutan. Berbagai pekerjaan pun dilakoni, mulai dari sebagai tukang parkir, tukang tagih, hingga sempat bekerja di kapal.

“Waktu itu, saya hanya berpikiran, bagaimana keluarga saya bisa tetap hidup dan makan, meskipun aslinya kenakalan saya itu terpaksa,” tuturnya.

Meski dikenal nakal, Supriyanto tak pernah mencuri atau melakukan kenakalan di lingkungan rumah.

“Senakalnya saya, tidak pernah di daerah sendiri tapi lebih di luar sana. Tapi, saya nakalnya itu hanya berkelahi, tidak pernah mencuri,” ungkapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *